Empat Tahun Dalam Memimpin Balangan Toreh Berbagai Prestasi dan Penghargaan

PARINGIN, SuaraBorneo – Selama empat tahun berjalan memimpin Kabupaten Balangan, berbagai torehan prestasi dan penghargaan banyak didapatkan, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi karena capaian kinerja yang terus meningkat.

Penghargaan yang diterima tentunya tak lepas hasil dari kerja keras Bupati Kabupaten Balangan, H Ansharuddin dan Wakil Bupati H Syaifullah serta berkat dukungan perangkat daerah dan masyarakat.

Adapun beberapa penghargaan yang di toreh Kabupaten Balangan saat ini diantaranya.

1. Kabupaten Balangan meraih peringkat satu dan mendapatkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

2. Dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu sertifikat adipura, diberikan kepada Kabupaten Balangan untuk peningkatan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup kabupaten periode tahun 2017 – 2018.

3. Bupati Balangan mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Barabai karena pada 2019 Pemkab Balangan rutin dan tepat waktu melakukan pembayaran listrik.

4. Dari Menteri Keuangan RI, atas persetujuan opini WTP atas laporan keuangan lima tahun yang disetujui.

5. Dari Presiden Republik Indonesia, yaitu Penghargaan UHC, karena telah mencapai ikatan universal untuk Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Balangan per 1 Januari 2018, yaitu dengan memasukkan seluruh warga Balangan sebagai peserta BPJS.

6. Dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, penghargaan untuk Balangan sebagai Kabupaten Hak Asasi Manusia.

7. Dari katadata dot-com, terdiri dari penghargaan indeks yang diatur, yaitu untuk ketepatan alokasi APBD bidang pendidikan.

8. Dari Gubernur Kalimantan Selatan, penghargaan atas respons yang sangat tinggi dan aktifkan dalam penanganan bencana hutan dan lahan serta bencana alam lainnya.

9. Dari Menteri Sosial RI, merupakan penghargaan Adhitya Karya Mahatva Yodha, terima kasih kepada pembinaan untuk karang taruna di Bumi Sanggam

10. Dari Kementerian Pertanian RI, karena telah berupaya melakukan inovasi/terobosan baru untuk pembangunan perkebunan berkelanjutan.

11. Dari Gubernur Kalsel, penghargaan karena mencapai target 95 persen dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik (e-KTP) hingga bulan November 2017.

12. Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, penghargaan kabupaten layak anak.

13. Dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara berhasil didapatkan karena Pemkab Balangan dinilai sukses memberikan perlindungan melalui pelayanan kesehatan secara gratis dan berkualitas

14.Dari pengurus besar PGRI, yaitu penghargaan Dwija Praja Nugraha, mana dari seluruh Indonesia hanya ada 9 bupati dan 5 wali kota yang menerimanya.

15. Dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, penghargaan untuk kepala daerah

16. Dari Perum Bulog, atas keberhasilan mewujudkan kedaulatan makanan.

17. Dari Dirjen Informasi dan Komunikasi, untuk Media Center ter-aktif peringkat 7 (tujuh) nasional.

18. Dari Dirjen Perbendaharaan Wilayah Kalimantan Selatan, penghargaan kepada Balangan sebagai peringkat ke-4 dalam implementasi sistem informasi kredit program.

19. Balangan terima penghargaan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kalimantan Selatan (Kalsel) karena menjadi satu dari tiga daerah di Indonesia yang mampu dengan cepat mencairkan dana desa Tahun 2020, juga mendapat apresiasi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia

19. Dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu sertifikat adipura, diberikan kepada Kabupaten Balangan untuk peningkatan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup kabupaten periode tahun 2017 – 2018. (Mr)

Check Also

Pemkab Bengkayang Bangun Puskesmas Afirmasi Baru di Jalur Sutra

BENGKAYANG, SuaraBorneo.com –  Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana kabupaten Bengkayang, Agustinus C memantau …