Secara Virtual Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-74 Polda Kalsel

BANJARMASIN, SB – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Upacara Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020, Rabu (1/7/2020) pukul 08.30 Wita. Pelaksanaan upacara kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Ditengah Pandemi Virus Corona atau Covid-19, Upacara Hari Bhayangkara tahun ini digelar secara virtual, sederhana dan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu dalam pelaksanaanya juga tidak dilangsungkan di lapangan melainkan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel.

Presiden Negara Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang memimpin langsung Upacara Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 dihadiri Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Wakil Presiden RI, Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia dari tingkat Mabes, Polda hingga Polres turut mengikuti Upacara Hari Bhayangkara secara virtual tersebut.

Seperti halnya Polda Kalsel, dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., Upacara tersebut dihadiri juga Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Wakajati Kalsel, Danrem 101/ Antasari, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsuddin Noor, Kepala BNNP Kalsel, Kabinda Kalsel, Wakapolda dan seluruh Pejabat Utama Polda Kalsel.

Dalam kesempatan ini, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menginstruksi kepada seluruh anggota Polri , diantaranya :
1. Memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas juga menjaga kehormatan dan menjaga kepercayaan, menjaga kebanggaan sebagai anggota Polri.
2. Melakukan reformasi diri secara total membangun sistem dan tata kelola yang partisipatif transparan dan akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional modern dan tepercaya.
3. Memantapkan soliditas internal, memperkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.
4. Menerapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.
5. Meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, melakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.
6. Menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.
7. Harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

Usai pelaksanaan Upacara Hari Bhayangkara, juga digelar acara Syukuran Hari Bhayangkara ke-74 di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel. Syukuran juga digelar secara virtual. (*/ad)

Check Also

Bupati, Trend Kasus Covid-19 Kapuas Menurun

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim.S Bahat MM MT menyatakan, trend kasus …