Kembangkan Perekonomian UMKM, Bank Kalsel Diharapkan Tingkatkan Permodalan Untuk KUR

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Saat ini daya beli masyarakat terhadap ikan hasil tangkapan laut mengalami penurunan cukup signifikan.

Sementara untuk harga masih dalam batas wajar, kondisi ini dikarenakan bukan tidak suka dengan ikan laut akan tetapi terganggunya minat pembeli.

Anggota DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi, mengatakan, “Saat ini hasil ikan melimpah di pelabuhan perikanan, tetapi daya beli menurun,” ujarnya, Kamis (2/7/2020).

Paman Yani panggilan akrab anggota DPRD Kalsel itu meminta kepada stakeholder terkait, terutama dinas kelautan perikanan dan UPTD Pelabuhan agar memperhatikan hal ini.

Menurutnya dapat menyelaraskan harga ikan, sehingga bisa mendongkrak daya beli masyarakat.

Sesuai program gubernur gemar makan ini kembali digaungkan dan di inplementasikan seluruh lapisan masyarakat.

“Gemar makan ini harus digalakkan di tengah pandemi covid 19, karena kualitas vitamin dan protein ikan ini bagus untuk meningkatkan imun tubuh,” ungkapnya.

Opsi lain, sambung paman Yani, yakni selain harus gemar makan ikan, juga hasil tangkapan yang melimpah menjadi solusi untuk mengolah ikan yang dikemas seperti ikan asin yang produktif.

Jika ini bisa dikembangkan maka perekonomian rakyat sektor UMKM kembali menggeliat, untuk itulah kami telah meminta agar permodalan untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditingkatkan oleh Bank Kalsel, sebutnya”.

“Kami minta Bank Kalsel support UMKM dengan suku bunga rendah,” cetusnya.

Dikatakannya, mengapa harus didukung dengan program KUR oleh Bank Kalsel, karena sebagai perbankan daerah.

Masyarakat kita ini terkendala permodalan dalam mengembangkan usahanya.

“Kami inginkan kedepannya hasil olahan ikan laut ini dengan berbagai aneka kreatifitasnya bisa menjadi oleh-oleh buah tangan khas Kalsel,” pungkasnya. (adv/ad)

Check Also

KPU Kalbar Monitoring Data Pemilih di Perbatasan

SEKADAU, suaraborneo.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sunsong menerima kunjungan Visitasi Tim Rombongan anggota Komisi Pemilihan …