Diskominfo Dukung Desa Bungai Jaya Berbasis Desa Digital

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Perkembangan teknologi dimasa sekarang ini semakin pesat, terlebih dalam hal menuju era digital, melihat potensi tersebut membuat Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas mulai menerapkan perubahan menuju desa berbasis digital.

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kapuas, Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes menyampaikan dukungan atas inovasi dari Desa Bungai Jaya sebagai desa berbasis digital yang dinilai banyak memberikan manfaat dalam hal pelayanan kepada masyarakat, Kamis (2/7/2020) bertempat diruang kerjanya.

Menurutnya, digitalisasi desa dapat digunakan untuk mempermudah pelayanan, baik dalam hal pelayanan pemerintahan desa, pembangunan desa maupun pemberdayaan masyarakat desa.

Dirinya pun mendorong, penerapan inovasi tersebut untuk semakin lebih berkembang lagi, baik dengan peningkatan kinerja maupun pelayanan pemerintahan desa sehingga akan semakin maju dan mandiri.

“Diharapkan, dengan terbentuknya desa digital ini, pelayanan kebutuhan masyarakat bisa terlayani dengan cepat, tepat, akurat dan hemat. Selain itu terbentuknya desa digital ini juga berguna untuk membangun dan mengembangkan SDM masyarakat Kabupaten Kapuas untuk semakin jauh lebih baik,”tutur Kadis Kominfo.

Sementara itu, Kepala Desa Bungai Jaya, Kadiman menjelaskan dalam penerapan desa berbasis digital ini pihaknya telah memasang sebanyak 32 titik CCTV di sekitaran wilayah Desa Bungai Jaya dengan jarak per seratus meter tiap CCTV di jalan raya.

“Pemasangan CCTV ini berguna untuk memantau kondisi desa, terlebih saat mendekati musim kemarau yang rentan dengan kebakaran hutan dan lahan, hal ini berguna juga untuk menggantikan menara pantau api yang biasanya sering dibangun saat musim-musim kemarau,”terang Kadiman.

Kemudian, dirinya menambahkan di desa tersebut juga telah tersedia drone yang akan berguna dalam memantau kondisi kawasan Desa Bungai Jaya dari atas, sebab dinilai lebih efektif dan efisien.

“Sebagai pendukung desa berbasis digital, kami juga telah menyediakan Hand Phone (HP) untuk layanan pengaduan bagi masyarakat serta tersedia juga semua nomor Kepala Keluarga (KK) di Kantor Desa,”tambah Kadiman. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

KPU Kalbar Monitoring Data Pemilih di Perbatasan

SEKADAU, suaraborneo.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sunsong menerima kunjungan Visitasi Tim Rombongan anggota Komisi Pemilihan …