Ritual Adat dan Mpokant Podagi Akan Digelar 7 Juli Mendatang

Ketua umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot yang juga Wakil Bupati Sanggau saat di wawancara. Minggu, (5/7/2020).

SANGGAU, SB – Mengingat kondisi saat ini yakni ditengah pandemi covid-19 agenda rutin tahuhan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yakni Gawai Dayak Nisu Minu Podi tahun 2020 ini dilaksanakan atau ditunda.

Meski demikian, ritual adat nisu minu podi dan Mpokant Podagi atau memberikan makan sesajian kepada roh para leluhur tetap dilaksanakan di Rumah Betang Raya Dori Mpulor pada 7 Juli 2020 mendatang.

Ketua umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot yang juga Wakil Bupati Sanggau menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat secara khusus masyarakat Dayak Kabupaten Sanggau karena pesta gawai Dayak Nisu Minu Podi Tahun 2020 ini tidak bisa dilaksanakan karena mengingat pandemi covid-19 sehingga dinilai rentan tertular jika mengumpulkan orang banyak.

“Saya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat kabupaten sanggau secara khusus masyarakat dayak karena tahun 2020 agenda rutin tahunan kabupaten sanggau yakni pesta gawai dayak nisu minu podi tidak bisa dilaksanakan mengingat pandemi covid-19 saat ini,” ungkap Yohanes Ontot Ketua Umum DAD yang juga Wakil Bupati Kabupaten Sanggau. Minggu, (5/7/2020).

“Meski demikian, namun ritual adat nisu minu podi dan Mpokant podagi tetap kita laksanakan karena itu adalah tradisi yang tidak bisa ditinggalkan dari turun temurun dan akan kita laksanakan pada 7 juli yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana kegiatan ritual adat nisu minu podi dan mpokant podagi Siron menjelaskan saat ini kesiapan panitia sudah siap tinggal pelaksanaannya saja dan setiap peserta yang ikut sebagai perwakilan tokoh adat wajib mengikuti protokol kesehatan.

“Untuk kesiapan, kita sudah siap tinggal pelaksanaannya saja,” kata Siron Ketua Panitia.

“Kita pastikan nanti ketika pelaksanaan ritual adat ini setiap perwakilan tokoh adat wajib untuk mengikuti protokol kesehatan dan kita tidak mengundang orang banyak seperti tahun sebelumnya,” ujarnya. (Bry)

Check Also

Ibnu Sina: Ujian Covid-19, Hadapi Dengan Sabar dan Syukur

BANJARMASIN, SB – Menghadapi situasi sulit pada pandemi Covid-19 dengan menanamkan sikap sabar dan bersyukur …