Swab Covid-19, RSUD Kapuas Terima Bantuan 150 Unit Catride TCM Dari BNPB

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, akhirnya menerima bantuan 150 unit Catride TCM dari pemerintah pusat.

Dengan adanya alat Catride TCM tersebut, tidak lagi berlama-lama menunggu hasil swab dari Banjarmasin dan Palangka Raya. RSUD Kapuas nantinya melakukan pemeriksaan sendiri.

“Bantuan Catride TCM tersebut dari BNPB Pusat,”kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga kepada wartawan di Kantor BPBD Jumat (3/7/2020).

Sementara itu, Direktur RSUD Dr Soemarno Sosroatmodjo Kapuas dr Agus Waluyo menyampaikan, tanggal 29 Juni 2020 bersama Kepala Pelaksana BPBD dan Kadinkes Kabupaten ke BNPB pusat diterima langsung oleh Kepala BNPB Dony Monardo Sekjen dan Deputi.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BNPB dan Kementerian Kesehatan beserta jajaran memberikan bantuan 150 Catride TCM itu untuk pemeriksaan pasien Covid-19,”katanya.

Agus mengatakan, dalam pertemuan selain ke BNPB pihaknya juga ke Kementerian Kesehatan. “Untuk SDM usulan dokter spesialis paru-paru dokter anastesi penyakit dalam serta radiologi,”terangnya.

Kemudian, lanjut Agus, Sarpras rumah sakit mengusulkan peralatan laboratorium yakni berupa Art PCR dan Mobile PCR lengkap.

Pasalnya, rumah sakit Kapuas selama ini mengalami kendala. Namun dengan adanya alat itu dapat mempercepat penanggulangan Covid-19.

Dia menambahkan, seluruh Indonesia rumah sakit kabupaten/kota pemeriksa Covid-19 yang ditunjuk oleh pemerintah pusat berjumlah 420 rumah sakit.

“Terkait itu kita juga mengusulkan ijin operasional. Saat ini masih dalam proses, sehingga diharapkan tidak lama lagi terealisasi,”ujarnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

Film Kreasi Anak Benua Dapat Tanggapan Positif Masyarakat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Walaupun sedang dalam masa pandemi Covid-19, tidak menghalangi kaum milenial dalam …