Bupati Pimpin Rapat Koordinasi Penurunan Stunting

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Sebagai langkah guna mendukung terintegrasnya pelaksanaan intervensi penurunan stunting di Kabupaten Kapuas, Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Koordinasi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kapuas tahun 2020 yang dipimpin langsung Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor, Pj Sekretaris Daerah H Masrani dan Kepala Bappeda Ahmad M Saribi, di Aula Bappeda, Senin (6/7/2020) pagi.

Dalam rapat tersebut Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat meminta kepada seluruh instansi terkait untuk saling berkoordinasi bersama dalam upaya percepatan pencegahan stunting di Kabupaten Kapuas.

Menurutnya dalam hal penanganan masalah stunting di Kabupaten Kapuas harus ada koordinasi yang baik dari semua pihak dan jangan berjalan sendiri-sendiri antar instansi.

“Saya minta setiap instansi agar jangan menganggap remeh masalah stunting ini, bagi instansi yang berkaitan langsung dengan masalah stunting agar harus lebih aktif lagi dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Kapuas ini,”ucapnya kepada para undangan yang hadir dalam rapat koordinasi tersebut.

Dirinya pun meminta kepada para camat agar dapat membangun sarana air bersih dan sanitasi yang baik disetiap wilayahnya masing-masing dengan tetap melakukan koordinasi antar Kepala Desa dan jajarannya.

Kemudian Ben juga meminta agar para Camat ikut turun langsung ke lapangan agar tahu betul bagaimana kondisi yang terjadi di lingkungan masyarakatnya.

“Camat harus ikut turun langsung, sehingga tahu bagaimana kondisi di lapangan, contohnya seperti mengawasi langsung pembangunan sumur bor dan tempat Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) di wilayahnya,” tukas Ben.

Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng itu juga menambahkan agar Camat dapat memprioritaskan pembangunan sumur bor, minimal satu sumur bor untuk empat kepala keluarga dan juga berharap agar tidak ada lagi jamban apung di pinggiran sungai.

“Dengan sumber air yang bersih dan sanitasi yang baik serta koordinasi yang terjaga antar instansi terkait, saya yakin penurunan stunting di Kabupaten Kapuas ini akan tercapai dengan cepat,”ujar Bupati dua periode itu.

Dirinya pun menegaskan kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kapuas untuk dapat berinovasi dan visioner dengan melakukan hal-hal yang luar biasa dalam bidang Pemerintahan, contohnya dalam hal penurunan stunting.

Dalam rapat koordinasi tersebut, diikuti oleh seluruh Kepala OPD Kabupaten Kapuas, Camat se Kabupaten Kapuas dan Kepala Puskesmas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Ibnu Sina: Ujian Covid-19, Hadapi Dengan Sabar dan Syukur

BANJARMASIN, SB – Menghadapi situasi sulit pada pandemi Covid-19 dengan menanamkan sikap sabar dan bersyukur …