Bupati Apresiasi Kinerja GTPP Covid-19 Kapuas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim. S. Bahat, MM. MT mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kapuas yang telah bekerja secara maksimal sehingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap pertama dan kedua dapat berjalan sesuai dengan tujuannya.

Hal tersebut ia sampaikan saat memimpin Rapat Evaluasi Penanganan Corona Virus Desease (COVID-19), Senin (6/7/2020) kemarin di Auala Bappeda Kuala Kapuas. Dihadiri oleh Wakil Bupati Kapuas Drs. H. M. Nafiah Ibnor,MM, Forkopimda Kabupaten Kapuas, Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas dan Camat se Kabupaten Kapuas.

“Saya menyampaikan bahwa pelaksanaan PSBB di Kabupaten Kapuas berhasil, karena masyarakat sudah banyak memiliki kesadaran untuk mengikuti protokol kesehatan dengan adanya penurunan angka terhadap kasus COVID-19 di Kabupaten Kapuas,”ucapnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gugus Tugas, TNI, POLRI yang telah bersinergi memaksimalkan PSBB ini dan seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas yang begitu luar biasa mendukung pelaksanaan PSBB dan mentaati semua aturan-aturan yang dibuat selama PSBB.

Lebih lanjut, Bupati dua periode ini menekankan untuk tetap melaksanakan penjagaan secara ketat sampai berakhirnya masa pandemi COVID-19, baik diperbatasan maupun dititik-titik posko yang sudah ditentukan.

Selain itu, tetap melaksanakan patroli dengan tetap memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat agar protokol kesehatan dilaksanakan terus menerus.

Untuk bantuan sosial, ia berharap tetap terus berjalan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) jangan sampai terlambat. Ben Brahim meminta agar pengadaan penyaluran baik BLT, alat kesehatan, Alat Pelindung Diri (APD), pemberian masker dan lain-lain dapat dilakukan secara transparan sehingga menimbulkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat dan jangan sampai ada masyarakat yang berhak tetapi tidak menerima bantuan tersebut.

“Kepada seluruh camat untuk memberitahukan kepada Kepala desa kalau ada yang tidak mendapatkan BLT langsung hubungi pemerintah kecamatan dalam hal ini camat yang bersangkutan,” tekannya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Panahatan Sinaga dalam laporannya menjelaskan rekomendasi penanganan COVID-19 ke depan yaitu PSBB disarankan untuk tidak dilanjutkan lagi, penanganan COVID-19 memasuki masa pra kondisi untuk menuju tatanan kehidupan baru bagi masyarakat.

Kemudian dengan mempertahankan pos-pos strategis diantaranya Pos Perbatasan Anjir KM 12, Kecamatan Kapuas Timur, Perbatasan Pulang Pisau – Basarang, Kecamatan Tamban Catur, Kecamatan Timpah, Pos Pantau Bundaran Besar, Jalan Cilik Riwut – Jalan Meranti, Jalan Patih Rumbih – Jalan Meranti, Jalan Patih Rumbih – Jalan Garuda, Pos Pantau Area Pasar Jalan Anggrek dan Pos Pantau Perairan Pelabuhan Danau Mare.

“Gugus Tugas Penanganan COVID-19 tetap melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat dengan tetap membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya mentaati dan melaksanakan Protokol Kesehatan,”pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Ibnu Sina: Ujian Covid-19, Hadapi Dengan Sabar dan Syukur

BANJARMASIN, SB – Menghadapi situasi sulit pada pandemi Covid-19 dengan menanamkan sikap sabar dan bersyukur …