DAD Sanggau Gelar Ritual dan Mpokant Podagi

SANGGAU, SB – Tanggal 7 juli merupakan sudah menjadi agenda rutin tahuanan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau untuk melaksanakan Pesta Gawai Dayak Nosu Minu Podi dan Mpokant pogadi berupa sesajian kepada roh para leluhur menurut tradisi Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau.

Mengingat saat ini dalam situasi pandemi covid-19, dengan demikian pada tanggal 7 Juli 2020 agenda rutin tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau tersebut hanya dilakukan Ritual Adat Nosu Minu Podi dan Mpokant Podagi berupa sesajian kepada roh para leluhur menurut tradisi Dewan Adat Dayak.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Dewan Adat Dayak, Yohanes Ontot yang juga sebagai Wakil Bupati Sanggau dan Bupati Sanggau Paolus Hadi serta tokoh Adat Dayak Kabupaten Sanggau.

Setiap tokoh masyarakat adat yang mengikuti Ritual dan Mpokant Pogadi tersebut wajib untuk mengikuti protokol kesehatan covid-19 seperti menggunakan masker, mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh dan menjaga jarak.

Ketua umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot yang juga sebagai Wakil Bupati Sanggau menjelaskan kegiatan Ritual Adat dan Mpokant Podagi tetap dilaksanakan namun Pesta Gawai tidak dilaksanakan.

“Hari ini agenda rutin tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau berbeda dari tahun sebelumnya karena tahun 2020 agenda rutin tersebut hanya digelar Ritual Adat dan Mpokan Pedagi berupa sesajian kepada roh para leluhur menurut tradisi Dewan Adat Dayak,” Ungkap Yohanes Ontot Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau yang juga sebagai Wakil Bupati Sanggau. Selasa, (7/7/2020).

“Saya berpesan kepada para anak anak generasi muda agar tidak meninggalkan tradisi yang ditinggalkan nenek moyang sejak turun temurun,” Pesan Yohanes Ontot, Wakil Bupati Sanggau. (Bry)

Check Also

KPU Kalbar Monitoring Data Pemilih di Perbatasan

SEKADAU, suaraborneo.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sunsong menerima kunjungan Visitasi Tim Rombongan anggota Komisi Pemilihan …