Narkoba, Penghambat Pembangunan SDM

SANGGAU, SB – Salah satu faktor penghambat pembangunan sumber daya manusia (SDM) adalah barang haram seperti Narkotika tidak terkecuali Kabupaten Sanggau sehingga membutuhkan peran serta semua pihak dalam memberantasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka menyampaikan globalisasi menuntut adanya penguatan SDM bagi suatu bangsa. Hal ini berkaitan erat dengan keberhasilan pembangunan disemua level, dari nasional hingga ke desa.

“Persoalan narkoba ini kompleks dan menjadi salah satu penghambat pembangunan SDM kita. Termasuk di Sanggau,” katanya ketika menjadi narasumber pada kegiatan BNN Kabupaten Sanggau, Kamis (9/7) di Kembayan.

Geografis Sanggau yang juga berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia, membuat jaringan narkoba internasional terus bergerak masuk melalui batas negara. Ditambah lagi, kondisi perbatasan negara yang sangat terbuka.

“Masyarakat harus diajak bersama-bersama memberantas narkoba ini. Kita rawan karena perbatasan begitu terbuka dan langsung bersinggungan dengan Malaysia. Apalagi tanpa tembok dan jalur jalur tikus yang sulit dikendalikan,” jelasnya.

“Kita digembosi dengan narkoba agar terjadi penurunan kualitas SDM sehingga akan mudah disusupi. Saya ingatkan jangan sampai masyarakat kita mudah teriming-imingi dengan narkoba. Kalau sudah terjerat, maka semua sisi kehidupan akan hancur,” tegas dia. (Bry)

Check Also

KPU Kalbar Monitoring Data Pemilih di Perbatasan

SEKADAU, suaraborneo.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sunsong menerima kunjungan Visitasi Tim Rombongan anggota Komisi Pemilihan …