Banjir Bandang di Nekan, TNI Salurkan Bantuan

SANGGAU, SB – Pasca terjadinya hujan lebat yang menguyur wilayah Perbatasan RI-Malaysia Desa Nekan Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Rabu sore mengakibatkan Sebanyak 255 unit rumah terendam banjir bandang di Dusun Nekan dan Dusun Grama jaya, Desa Nekan, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Akibat peristiwa ini, sejumlah fasilitas Infrastruktur, putusnya jembatan, jebolnya dinding rumah warga, dan rusaknya dinding sekolah serta jebolnya pagar sekolah SDN 08 Nekan.

Menyikapi peristiwa bencana alam itu, Dansatgas Pamtas Yonif R 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono meninjau langsung ke lokasi bencana bersama 1 regu Satgas Pamtas dan 2 tenaga kesehatan untuk membantu tenaga medis Puskesmas Entikong dalam pelayanan kesehatan Pasca Banjir terjadi sekaligus menyalurkan bantuan sembako berupa beras, mie instan, telur dan susu kepada warga terdampak melalui posko banjir di Kantor Desa Nekan.

Satgas Yonif R 641/Bru bersama-sama dengan instansi lain, seperti Koramil, Polsek, Puskesmas, Pemdes dan organisasi kemasyarakatan bergotong-royong membantu warga dalam pemulihan pasca bencana.

Selain jembatan, putusnya pipa air ke lingkungan warga menyebabkan pasokan air bersih untuk keperluan minum dan memasak terhambat. Hal ini sudah teratasi dengan dorongan air bersih dari PLBN Entikong dengan menggunakan truk tangki air Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru ke lokasi bencana.

“Selain dukungan berupa tenaga dan bantuan sembako, kami juga mengoperasikan truk tangki air untuk menyediakan air bersih kepada masyarakat,” jelas Kukuh.

Letkol Kukuh menyampaikan bahwa koordinasi antar aparat dalam penanganan bencana di Entikong sudah baik dan berjalan lancar. Hal ini bisa dilihat dari cepatnya penanganan dan datangnya bantuan dari berbagai instansi pemerintahan, masyarakat dan pengusaha. (Bry)

Check Also

Ibnu Sina: Ujian Covid-19, Hadapi Dengan Sabar dan Syukur

BANJARMASIN, SB – Menghadapi situasi sulit pada pandemi Covid-19 dengan menanamkan sikap sabar dan bersyukur …