Pasca Banjir Bandang di Perbatasan, Pemkab Sanggau Gerak Cepat Dampak Banjir

SANGGAU, SB – Pasca terjadinya bencana banjir bandang yang melanda di wilayah Perbatasan RI-Malaysia Desa Nekan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau beberapa hari lalu tentunya sudah menjadi perhatian yang serius oleh Pemkab Sanggau.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau mengadakan Rapat Koordinasi Penanganan dan Permasalahan Pasca Bencana Banjir yang berlangsung Bupati Sanggau Paolus Hadi di ruangan kerja Wakil Bupati Sanggau. Senin, (13/7/2020).

Kegiatan Rakor sendiri diikuti Sekda Sanggau, Ir. Kukuh Triyatmaka, MM dan sejumlah dinas instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Bina Marga Dan Pengairan, Dinas Cipta Karya, Dinas Perkebunan Dan Perternakan, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Dinas Pemerintah Desa , Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tim Reaksi Cepat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan meskipun bencana banjir bandang yang melanda hanya sebentar, namun dampak yang dirasakan sangat besar dan masih dirasakan hingga saat ini.

“Kondisi ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang menjadi korban bencana banjir tersebut, melainkan juga turut timbul permasalahan sejumlah infrastruktur yang juga rusak seperti pagar SDN 08 Nekan, Kantor Desa Nekan dan putusnya jembatan penghubung akses utama Dusun Grama Jaya menuju Dusun Punti Kayan yang harus segera diperbaiki.
Setidaknya ada dua dusun yang terdampak banjir yaitu dusun Gramajaya ada 135 rumah warga terendam dan di Dusun Nekan 118 rumah warga juga terendam,” jelas Paolus Hadi Bupati Sanggau.

“Oleh karena itu sangat penting bagi seluruh pihak terkait, khususnya mereka yang memiliki tanggung jawab dan memiliki kewenangan dalam penanganan bencana banjir di Kabupaten Sanggau, untuk dapat benar-benar melaksanakan tanggung jawab sesuai dengan kewenangan mereka untuk menangani permasalahan pasca banjir serta meminimalisir terjadinya bencana banjir di masa yang akan dating,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot berharap proses bantuan kepada masyarakat harus cepat dilaksanakan karena masyarakat yang terdapak sudah mulai kesulitan dalam memperoleh air bersih serta bahan pangan untuk sehari hari, kemudian untuk rumah yang rusak serta lahan pertanian yang terdampak untuk segera didata agar dapat diperbaiki. (Bry)

Check Also

Ibnu Sina: Ujian Covid-19, Hadapi Dengan Sabar dan Syukur

BANJARMASIN, SB – Menghadapi situasi sulit pada pandemi Covid-19 dengan menanamkan sikap sabar dan bersyukur …