Bupati Sekadau Serahkan Bantuan Logistik Untuk Korban Banjir Secara Simbolis

SEKADAU, suaraborneo.com – Bupati Sekadau Rupinus didampingi Wakil Bupati Sekadau Aloysius dan Kalak BPBD Sekadau Matius Jon menyerahkan secara simbolis bantuan bagi warga desa Belitang Satu yang mengalami banjir, Jumat (17/7/2020).

Bantuan berupa logistik diserahkan langsung Bupati Sekadau Rupinus kepada Kades Belitang Satu Basri didampingi Camat Belitang Hermansyah di kantor Bupati Sekadau. “Ini salah satu bentuk kepedulian Pemkab Sekadau untuk saudara-saudara kita yang terkena banjir. Karena banjir ini kan sudah cukup lama terjadi,” kata Bupati Rupinus.

Diketahui banjir di wilayah Kecamatan Belitang sudah terjadi beberapa waktu terakhir dengan intensitas air semakin naik di beberapa desa, seperti Desa Belitang Satu. Akibatnya masyarakat kesulitan untuk beraktivitas dan bekerja seperti biasa. Perekonomian pun terhambat karena sebagian besar warga bekerja sebagai petani.

“Masyarakat tidak bisa bekerja, tidak ada penghasilan, maka kita bantu dalam bentuk sembako,” kata Bupati Rupinus. Lebih lanjut Bupati menghimbau masyarakat Sekadau terutama yang berada di wilayah pesisir sungai Kapuas untuk mempersiapkan diri, akan datangnya banjir kiriman yang lebih besar.

Mengingat saat ini masih musim penghujan dan banjir yang terjadi merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang dan Melawi. “Kita ini adalah banjir kiriman dari hulu, jika di hulu banjir, beberapa hari kemudian baru banjir di sini.
Maka masyarakat bisa bersiap-siap supaya tidak ada barang-berang berharga yang tenggelam, hanyut, yang ada perahu disiapkan, senter, barang-barang di simpan ke tempat tinggi,” jelas Rupinus.

Sebelumnya Pemkap juga sudah mengeluarkan surat himbauan kepada masyarakat untuk antisipasi dan waspada terhadap banjir. (Ps)

Check Also

Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalteng Ben-Ujang Ziarah Ke Makam Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Ir. Ben …