Jelang Pilkada Serentak, KPU Sekadau Laksanakan Apel Kesiapan Coklit

SEKADAU, suaraborneo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau melaksanakan kesiapan pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam Pemilihan kepala daerah Serentak Bupati dan Wakil Bupati mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan yang diikuti PPK, PPS dan PPDP tujuh kecamatan di Kabupaten Sekadau. Sabtu, (18/7/2020).

Ketua KPU Kabupaten Sekadau Drianus Saban menyampaikan apel kesiapan coklit ini merupakan salah satu bagian guna memastikan petugas melaksanakan coklit para pemilih.

”Pelaksanaan coklit dimulai 15 Juli sampai 13 Agustus 2020,  tahapan ini merupakan pemutakhiran data pemilih guna menyusun daftar pemilih dan ini salah satu tahapan krusial dan penting dalam tahapan pemilihan kepala daerah ” katanya pada Drianus Saban, ketua KPU Kabupaten Sekadau.

Menurutnya, penyusunan dan pemutakhiran data pemilih merupakan sangat menentukan alokasi logistik dan pola sosialisasi. “Kalau pemutakhiran data pemilih terganggu atau tidak valid,maka pelaksanaan tahapan pemilihan berikutnya dipastikan terganggu ” tutur Saban.

Selain itu ia menegaskan pelaksanaan kerja pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh PPDP harus mengedepankan integritas sehingga bisa menghasilkan data yang valid dan harus memenuhi 7 prinsip yakni akurasi, komprensif, mutakhir, inklusif , responsif, transparan, dan partisipatif .(Ps)

Check Also

Operasi Gakkum Perbup 47 Dimulai, Bupati Sanggau: Lakukan dengan Santun Tapi Tegas

SANGGAU, SB – Komite Penanganan Covid19 Kabupaten Sanggau menggelar apel gelar Operasi Penegakan Hukum (Gakkum) …