Akibat Banjir, Akses Jalan Di Dusun Saka Tiga Terputus

SEKADAU, suaraborneo.com – Curah hujan yang sangat tinggi minggu-minggu ini membuat beberapa wilayah di Kabupaten Sekadau mengalami banjir. Hal yang sama juga dialami masyarakat di Dusun Saka Tiga desa Sunsong Kecamatan Sekadau Hulu.

Beberapa ruas jalan terputus akibat banjir kiriman air hujan yang sangat deras, Sabtu 18 Juli 2020.

Banjir yang diakibatkan hujan yang sangat lebat membuat dusun tersebut mendapat banjir kiriman dari sungai Semuntik dan sungai Tapang Pajat. Masyarakat yang melewati ruas jalan tersebut terpaksa harus memikul kendaraan nya untuk bisa melewati banjir, tinggi air mencapai 50-70 cm.

“Banjir ini hampir setiap tahun dialami masyarakat dusun Saka Tiga, apalagi beberapa hari ini, curah hujan sangat tinggi, dan air pun meluap tinggi”, jelas Jekky warga Dusun Saka Tiga.

Ada beberapa buah rumah warga yang terkena banjir. Walau air belum sampai lantai rumah, tapi warga sudah antisipasi dan mengangkut barang-barang nya ke tempat yang aman. “Untuk antisipasi air naik lebih tinggi kami sudah kemas-kemas barang ke tempat yang lebih aman, mengingat cuaca ini nampaknya akan turun hujan ” tegas Jekky.

Menanggapi hal tersebut Kadus Saka Tiga, Dedan, mengatakan, banjir ini hampir setiap tahun terjadi. “Kalau curah hujan tinggi pasti akan mengalami banjir, untuk dusun Saka Tiga sendiri, hampir setiap tahun mengalami banjir seperti ini”, jelas Dedan.

Mengingat hujan yang hampir setiap hari terjadi, warga diingat kan untuk selalu waspada terhadap bencana banjir. (Ps)

Check Also

TNI Perbatasan Berhasil Gagalkan Penyeludupan Orang, Diduga Kuat Jadi PMI Ilegal ke Malaysia

SANGGAU, SB – Satuan tugas pengamanan perbatasan RI-Malaysia Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas berhasil mengagalkan penyeludupan …