KPU Sekadau Lakukan Rapat Pleno Rekapitulasi Bakal Calon Perorangan, Bupati Dan Wakil Bupati

SEKADAU, suaraborneo.com – Rapat pleno terbuka Rekapitulasi dukungan bakal calon perseorangan, pasangan Abdul Hamid – Yovinus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Aula Hotel Multi Sekadau, Senin 20 Juli 2020 berjalan lancar.

Dalam pleno tersebut bakal calon perseorangan atas nama Abdul Hamid – Yovinus masih kekurangan dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak kurang lebih 8 ribu lebih. Sesuai aturan, kekurangan tersebut harus di ganti dua kali lipat, sehinga untuk memenuhi persyaratan harus mencari sekitar 16 ribu E-KTP.

Kekurangan ini harus sudah di penuhi pada tujuh hari kedepan, saat masa perbaikan dukungan, dan harus di serahkan tanggal 27 Juli mendatang kata Ketua KPU Drianus Saban. “Sesuai aturan, bagi bakal calon perseorangan, mereka harus menyiapkan kekurangan sekitar 8.000 KTP dan peryataan dukungan di kali dua berarti mereka harus menyiapkan 16 ribu,” kata Drianus Saban, ketua KPU kabupaten Sekadau, Senin (20/07/2020) saat rapat pleno terbuka.

Menurut Saban,setelah di serahkan kekurangan dukungan sesuai aturan, KPU akan melakukan verifikasi faktual kelapangan, setelah itu baru di plenokan kembali.

Hal yang sama juga di kata oleh perwakilan dari KPU provinsi kalimantan Barat, dalam sambutanya ia mengatakan, memang hasil pleno dukungan terhadap pasangan dari jalur perseorangan, masih kurang.
Sesuai aturan berapapun kekurangan dukungan tetap di kali dua. “Artinya kalau kurangnya 8.000 seperti kekurangan dukungan terhadap Abdul Hamid dan Yovinus maka, syarat dukungan tersebut harus di kali dua,” katanya.

Pada kesempatan ini. Komisioner KPU bidang Teknis Heriadi dalam  pleno mengungkapkan , syarat pemenuhan dukungan bagi calon perseorangan di Pilkada Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya telah disampaikan.

”Setidaknya calon perseorangan membutuhkan dukungan 15.229 dukungan   , tersebar di 50% dari 7 kecamatan dan 60 desa .Jumlah kekurangan 8099 , jumlah dukungan perbaikan diperlukan dua kali lipat kekurangan yaitu 16198″ katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Kepolisian, dalam hal ini di wakili oleh Kasat Intel dalam sambutanya mengatakan, setelah semua proses tahapan di jalankan oleh KPU, maka dari kepolisian hanya berharap agar semua kegiatan berjalan aman dan lancar. “Dari kepolisian kita hanya berharap agar semuanya berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Perwakilan dari Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) dalam sambutanya mengatakan,agar selama masa perbaikan hendaknya di lakukan dengan baik, kami dari pengawasan tetap melakukan pengawasan terhadap semua proses perbaikan. “Sebagai lembaga pengawasan, kita tetap akan mengawasi semua proses perbaikan dukungan salah satu bakal calon,” katanya.

Abdurrahman,  LO dari pasangan Abdul Hamid dan Yovinus kepada media ini mengatakan,dirinya optimis mampu memenuhi kekurangan tersebut. “Kita akan berusaha semampu kita, untuk memenuhi kekurangan tersebut, katanya singkat. (Ps)

Check Also

Peduli Sesama, Korban Kebakaran di Desa Bungin Balangan Dapat Bantuan

PARINGIN, SuaraBorneo – Sebagai bentuk kepudulian terhadap para korban kebakaran di Desa Bungin, Kecamatan Paringin …