Perguruan Pencak Silat Haur Bahenda Laksanakan Pengukuhan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Perguruan Pencak Silat Haur Bahenda melaksanakan pengukuhan atau betamat bagi para murid Pencak Silat Haur Bahenda bersama Persatuan Silat Dayak Kalimantan Tengah (PSDKT) Tentara Lawung di halaman Betang Sei Pasah Kecamatan Kapuas Timur, Senin (20/7/2020) pagi.

Ketua Panitia Pelaksana Edramo mengatakan kegiatan ini dapat diadakan berkat musyawarah mufakat bersama Haur Bahenda yang telah menyelesaikan pembelajaran atau menamatkan ajaran dari perguruan kemudian dilaksanakan pengukuhan atau Batamat.

“Diharapkan kepada pesilat menjadi orang-orang yang ramah dan dapat mengayomi masyarakat serta menjaga harkat martabat dari masyarakat Dayak jangan menjadi orang yang sombong angkuh merasa menjadi yang paling hebat dan hal-hal yang membuat diri kepada prilaku yang kurang baik,”ucap Edramo.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas H Suparman Camat Kapuas Hilir Hj Mahrita Ketua Umum Koni Kapuas H Safriansyah Unsur Muspika Kecamatan Kapuas Hilir Tokoh Agama Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

Kepala Dinas Disbudpora Kabupaten Kapuas H Suparman mengatakan sangat berterima kasih dengan diadakannya acara pengukuhan atau Batamat Perguruan Pencak Silat Haur Bahenda dimana telah melestarikan salah satu kebudayaan asli Indonesia.

“Pencak Silat adalah salah satu kebudayaan asli dari Indonesia semoga kegiatan seperti ini menjadi lebih berkembang di Kecamtan Kapuas Hilir dan Kabupaten Kapuas khususnya selain salah satu seni bela diri Kalimantan Tengah yang tujuannya untuk membentuk karakter bangsa memperkuat mental dan menjunjung tinggi keyakinan bahwa segala kekuatan segala kehebatan itu kalah dengan kesabaran serta membentuk rasa cinta dengan kearifan lokal,” ungkap Kadis Disbudpora Kabupaten Kapuas H Suparman.

Ditempat yang sama Camat Kapuas Hilir Hj Mahrita yang membuka secara langsung kegiatan pengukuhan atau Batamat Perguruan Pencak Silat Haur Bahenda Kecamatan Kapuas Hilir dan berharap kegiatan ini dapat terus dikembangkan di Kecamatan yang dipimpinnya.

“Saya berharap semua kegiatan yang ada di Kecamatan Kapuas Hilir baik itu berupa Olah Raga maupun Kebudayaan Daerah lebih kita tingkatkan kita selalu berusaha untuk mengoptimalkan kebudayaan kita. Dan semoga semua kegiatan kebudayaan di Kecamatan Kapuas Hilir bisa berlangsung secara berkelanjutan,”imbuhnya.

Acara pembukaan tersebut ditandai pemukulan Gong oleh Camat Kapuas Hilir Hj Mahrita dan yang hadir disuguhi tarian Adat Dayak Kalimantan Tengah serta penampilan Seni Bela Diri Pencak Silat Perguruan Haur Bahenda.(hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

RAMPAH PIRUAH’ Air Terjun Nan Eksotis Dipedalaman Meratus

BARABAI, SuaraBorneo – Adalah salah satu wisata alam yang terletak dipegunungan atau dihutan Meratus. Air …