Cepat Dalam Penyaluran NPHD Anggaran Pendanaan Pilkada, Balangan Dapat Apresiasi Mendagri

PARINGIN, SuaraBorneo – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI), Muhammad Tito Karnavian, sambangi Provinsi Kalimantan Selatan, baru-baru ini.

Lawatan Mendagri bermaksud mengecek secara langusng anggaran pemerintah daerah dalam menghadapi Pilkada 2020.

“Kita sengaja berkeliling daerah-daerah untuk mengecek kesiapan, khususnya pendanaan pada Pilkada serentak 2020,” ujar Tito, di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Pada pengecekan anggaran pendanaan Pilkada oleh Mendagri di Banjarmasin, ada tiga kota di Kalsel yang telah 100 persen menyalurkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), yakni Pemko Banjarbaru yang melakukan penambahan NPHD di anggaran Bawaslu.

Kemudian Pemko Banjarmasin yang sudah 100% menyalurkan NPHD anggaran KPU, Bawaslu dan Keamanan serta Pemkab Balangan yang sudah 100% melakukan penyaluran NPHD anggaran KPU, Bawaslu dan Keamanan.

Atas capaian yang dilakukan, salah satunya Pemerintah Kabupaten Balangan mendapatkan apresiasi langsung dari Mendagri yang saat itu juga dihadiri langsung orang nomor satu di Bumi Sanggam, H Ansharuddin.

Karena merasa gembira, 100% menyalurkan anggaran hibah untuk penyelenggara Pilkada. Pemerintah Kabupaten Balangan mendapat hadiah dari Kemendagri berupa sebuah mesin.

“Untuk daerah Banjarmasin dan Balangan saya kasih hadiah, mesin baru dari Dirjen Dukcapil, namanya Anjungan Dukcapil Mandiri yang akan dikirim langsung ke daerah masing-masing” sebutnya.

Sementara Bupati Balangan, H Ansharuddin menyampaikan penyaluran NPHD yang dilakukan merupakan bentuk komitmen dari Pemkab Balangan untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2020.

“Terimaksih kami sampaiakan kepada Mendagri atas apresiasi kepada kita. Mudah-mudahan dengan telah disalurkannya NPHD ini, penyelenggaraan Pilkada terkhusus di Kabupaten Balangan berjalan damai aman dan lancar,” pungkasnya. (Mr)

Check Also

Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalteng Ben-Ujang Ziarah Ke Makam Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Ir. Ben …