Malming Bersama Al-Ajyb, Anak-Anak Jalanan Pasar Sudimampir Ini Belajar Baca Iqro, Bermain Dan Berkreatifitas

BANJARMASIN, SuaraBorneo.Com – Malam Minggu bagi sebagian orang merupakan malam yang cocok untuk melepaskan penat setelah beraktivitas pada hari-hari sebelumnya namun, anak-anak jalanan di pasar Sudimampir lebih memilih untuk belajar membaca iqro,bermain dan berkreatifitas bersama.

Bertempat disebuah toko pasar dengan ukuran 2×5 meter, anak-anak begitu antusias mengikuti kegiatan rutin pada tiap malam minggu tersebut.
Terlihat dari senyuman dan canda tawa mereka yang memecah suasana.

Kegiatan dimulai setelah sholat Magrib hingga tiba waktu sholat Isya tersebut telah berlangsung sejak tahun 2019 yang lalu.

Salah seorang murid disitu Anang (4) mengaku senang sekali karena bisa belajar Iqro dan berharap bisa cepat-cepat lancar membaca Al-Qur’an.

” Senang sekali bisa belajar baca Iqra bersama teman-teman dan semoga saja bisa cepat lancar membaca Al-Qur’an,” tuturnya seraya tersenyum.

Selain belajar Iqro dan tuntunan agama, mereka juga mendengarkan dan diajarkan tentang berperilaku dari kisah-kisah teladan dan kisah-kisah Akhlakul Karimah untuk meningkatkan soft skill,serta diajarkan menggambar dan kegiatan kreatif lainnya untuk meningkatkan hardskill mereka.

Oleh pengajar,anak-anak tersebut kerap kali diberikan sebuah pertanyaan yang apabila dapat menjawab dengan benar maka, anak tersebut diberikan hadiah berupa makanan ringan.

Ratna Safitri selaku pengajar di tempat tersebut berharap kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat sekitar untuk semangat belajar dan mengajarkan Al-Qur’an serta bisa mengubah pandangan negatif masyarakat mengenai anak jalanan.

” Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami berharap dapat memotivasi masyarakat sekitar untuk semangat belajar dan mengajarkan Al-Qur’an serta bisa mengubah pandangan negatif masyarakat mengenai anak jalanan,” ujarnya kepada SuaraBorneo.com Senin 20/07/20.

Kegiatan ini di inisiasi oleh pengajar di yayasan Al-Ajyb selaku komunitas pejuang hak anak jalanan. Sebagai langkah awal mereka untuk membangun pesantren dan PAUD Al-Ajyb yang bebas dari diskriminasi.

Yayasan Al-Ajyb yang diketuai oleh Muhammad Algi Rifani tersebut didirikan pada tahun 2012 silam yang bermarkas di Jl. Soetoyo S Banjarmasin. (Pp)

Check Also

Operasi Gakkum Perbup 47 Dimulai, Bupati Sanggau: Lakukan dengan Santun Tapi Tegas

SANGGAU, SB – Komite Penanganan Covid19 Kabupaten Sanggau menggelar apel gelar Operasi Penegakan Hukum (Gakkum) …