DPRD Kapuas Setujui Raperda Anggaran 2019

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Naskah Keputusan Dewan terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2019 disepakati bersama antara pihak Eksekutif dan Legislatif dalam sidang paripurna yang digelar Rabu (22/7/2020) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kapuas.

Pengesahan dan penandatanganan ini dilakukan oleh Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat MM MT Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Ardiansah SHut dan Wakil I Ketua DPRD Kapuas Yohanes ST.

Selanjutnya naskah persetujuan DPRD itu diserahkan oleh Ketua DPRD Kapuas kepada Bupati Kapuas dan disaksikan oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Kapuas.

Acara persetujuan dan penandatanganan tersebut bertepatan dengan Rapat Paripurna Ke 6 Masa Persidangan III Tahun 2020. Tampak pula hadir Forkopimda Kabupaten Kapuas/mewakili Pj Sekda Kabupaten Kapuas Asisten Staf Ahli Bupati Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Kapuas BUMN/BUMD Kepala Bagian Tokoh Agama Tokoh Masyarakat LSM dan Pers.

Sebelum penandatanganan dan penyerahan naskah dilaksanakan penyampaian Laporan Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Kapuas yang dibacakan oleh Ketua Pansus Sarkawie dari Fraksi PDI Perjuangan. Kemudian penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi pendukung dewan terhadap RAPERDA tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 dimana ketujuh fraksi pendukung dewan menerima dan menyetujui untuk ditetapkan sebagai Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya yang pertama menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Pansus Covid-19 DPRD Kabupaten Kapuas yang telah bekerja sama dalam memantau dan mengawasi berjalannya penanganan Covid-19 di Kabupaten Kapuas baik dalam hal sarana dan prasarana maupun bantuan-bantuan yang disalurkan. Oleh karena itu ia berharap kepada OPD terkait untuk terus berkoordinasi dengan Pansus Covid-19 DPRD Kapuas.

Sementara itu Bupati dua periode itu mengatakan Pemerintah Kabupaten Kapuas juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kapuas atas semangat dan kerjasama yang luar biasa untuk mempercepat menyelesaikan pembahasan tentang pertanggungjawaban APBD Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2019 sesuai mekanisme dan tata tertib dewan.

“Dalam perjalanan tahapan pembahasan yang semakin sangat baik maka Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 dapat kita selesaikan dengan begitu luar biasa,”ucapnya.

Kemudian ia mengungkapkan dalam tahapan pembahasan yang telah dilalui saran dan pendapat serta masukan-masukan dari anggota dewan akan menjadi perhatian Pemerintah Daerah karena semua pihak yakin hal tersebut merupakan aspirasi dan keinginan masyarakat Kabupaten Kapuas yang disalurkan melalui wakil-wakilnya yang ada di dewan terhormat ini demi peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas.

Lebih lanjut Ben mengatakan usaha yang sudah dilakukan cukup maksimal agar APBD nantinya dapat benar-benar mencerminkan suatu perencanaan yang matang dengan harapan dapat menggerakkan roda perekonomian dan pembangunan Kabupaten Kapuas.

Ia mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dewan, ketua-ketua komisi ketua-ketua fraksi dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Kapuas, karena akhirnya Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2019 dapat disetujui dan disepakati bersama dan selanjutnya akan disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Tengah untuk dilakukan evaluasi. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Capain Kinerja dan Layanan Terbaik, Bank Kalsel Raih Infobank Award

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Setelah sebelumnya diganjar predikat PK-2 sebagai Bank Sehat oleh OJK atas kinerja …