Tujuh Lembaga NU Kapuas Dikukuhkan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT menghadiri pengukuhan Pengurus Lembaga Nahdlatul Ulama Kabupaten Kapuas tahun 2020 bertempat di Aula Islamic Center Masjid Agung Al Mukarram Jalan Tambun Bungai Kompleks Islamic Center Rabu (22/7/2020) siang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor MM Pj Sekretaris Daerah sekaligus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kapuas Drs H Masrani unsur Forkopimda Ketua PCNU Kabupaten Kapuas KH Nurani Sarji beserta jajaran dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengucapkan selamat kepada Pengurus Lembaga NU yang baru dikukuhkan dan mengharapkan agar dapat mengemban tugas dan amanah yang diberikan sehingga mampu berkontribusi bagi masyarakat umum dan khususnya umat muslim Kabupaten Kapuas.

Ben pun sedikit menjelaskan terkait Nahdlatul Ulama yang merupakan pilar kuat lembaga yang bertugas untuk memberikan pertimbangan terhadap suatu keputusan atau kebijakan Pemerintah yang menyangkut urusan agama.

“Sebagai suatu lembaga keagamaan maka peran dan fungsi NU sangat penting, terutama fungsi pembinaan terhadap umat muslim dalam bidang keagamaan yang selama ini dirasakan semakin komplek permasalahannya,” ungkap Ben dalam sambutannya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada segenap Pengurus NU Kabupaten Kapuas yang sudah aktif dalam menyikapi segala permasalahan umat dan sudah bersungguh-sungguh untuk membina umat secara terus menerus.

“Saya harap setelah pengukuhan Pengurus Lembaga NU Kabupaten Kapuas ini kedepannya mampu untuk menyusun program dan kegiatan yang sejalan dengan arah program Pemerintah Daerah terutama dalam hal pembinaan umat,” imbuh Ben dalam akhir sambutanya.

Dikesempatan yang sama Rois Syuriah KH Muchtar Ruslan menuturkan NU Kabupaten Kapuas selalu bangkit dengan segala lembaga dan Badan Otonomnya untuk mempertahankan Pancasila dan siap menjaga serta mengamankan Pemerintahan yang sah.

“Ditengah-tengah situasi yang sedang terjadi NU Kabupaten Kapuas selalu bangkit dengan segala kekuatan dan program untuk masyarakat Kapuas dan untuk bangsa Indonesia,”tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Dr H Junaidi SE SKM MAP MKes dalam laporannya menjelaskan terdapat tujuh lembaga Nahdlatul Ulama yang baru dibentuk dan dilakukan pengukuhan dengan dimotivasi oleh dua tokoh besar yaitu KH Muchtar Ruslan dan KH Nurani Sarji.

Adapun ketujuh lembaga yang dikukuhkan tersebut diantaranya Lembaga Falakiyah NU Lembaga Seni Budaya Muslimin (Lesbumi) NU Lembaga Kesehatan NU, Lembaga Dakwah NU, Lembaga Zakat Infaq Sadakah NU Lembaga Pendidikan Maarif NU serta Lembaga Pendidikan dan Bantuan Hukum (LPBH) NU.(hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

DPRD Sekadau Gelar Sidang Paripurna ke-5 Masa Sidang ke-3

SEKADAU, suaraborneo.com – Setelah memenuhi qorum dan berdasarkan tata tertib persidangan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah …