Bupati Pimpin Raperbup Pembukaan Lahan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat pimpin rapat Rancangan Peraturan Bupati Kapuas (Raperbup) tentang pedoman pembukaan lahan bagi masyarakat dengan memperhatikan kearifan lokal di Kabupaten Kapuas bertempat di Aula Bappeda Kapuas Kamis (23/7/2020) siang. Rapat dihadiri Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Ilham Anwar Kepala OPD dan camat se Kabupaten Kapuas.

Ben Brahim berharap dengan rancangan Perbup ini nantinya bisa membantu para Peladang Tradisional yang hendak membuka lahan dengan cara membakar.

“Saya tentunya berharap dengan Rancangan Peraturan Bupati ini nantinya bisa membantu para Peladang yang ada di Kabupaten Kapuas,”kata orang nonor satu di Kapuas ini.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalteng tersebut juga menginginkan agar para Camat se Kabupatan Kapuas mengingatkan kepada Lurah/Kepala Desa di Kabupaten Kapuas untuk membuat Satgas dalam menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Kepada para camat agar bisa mengistruksikan Lurah/Kepala Desa di Wilayah kerjanya untuk menjadi ketua dari Satgas Penanggulangan Karhutla dan Covid-19 yang melibatkan Babinsa juga Bhabinkamtibmas,”imbuhnya.

Dalam Rancangan Peraturan Bupati Kapuas tersebut juga dijelaskan bahwa membuka lahan dengan cara membakar adalah merupakan kearifan lokal masyarakat Dayak Kalimantan Tengah Pembakaran haruslah terbatas dan terkendali serta dilakukan secara bergotong royong.

Sebelum pembakaran haruslah membuat sekat terlebih dahulu, sekat yang diperlukan minimal berlebar empat meter agar api lebih mudah dikendalikan. Kemudian harus memperhatikan arah mata angin.

“Pertama membakar dengan melawan mata angin dan ketika api sudah berada ditengah lahan dilanjutkan dengan membakar dari arah sebaliknya agar api bertemu tepat ditengah lahan,”pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

RAMPAH PIRUAH’ Air Terjun Nan Eksotis Dipedalaman Meratus

BARABAI, SuaraBorneo – Adalah salah satu wisata alam yang terletak dipegunungan atau dihutan Meratus. Air …