Jelang Idul Adha, Distanakan Melawi Gencar Cek Kesehatan Hewan Kurban

MELAWI, SB – Menjelang hari raya Idul Adha 31 juli 2020 pemerintah kabupaten melawi melalui dinas pertanian dan perikanan kabupaten melawi gencar melakukan monitoring kesehatan hewan kurban,sejumlah petugas pun di turunkan hingga dokter hewan, hal ini untuk memastikan agar daging hewan kurban aman untuk di konsumsi.

Sepekan sebelum jelang idul adha 1441 hijriah dinas pertanian dan perikanan kabupaten melawi sudah melakukan pemeriksaan hewan, pengawasan serta pengecekan  di beberapa titik lokasi, baik itu ke peternak hewan maupun tempat pemotongan khusus di kecamatan nanga pinoh.

“Pemeriksaan dan pengecekan hewan kurban ini kita gunakan dua metode yakni, anthemortem dan posmorthem. untuk pemeriksaan anthemorthem perlu di lakukan guna memastikan kelayakan kesehatan hewan kurban agar terpenuhi syariat kurban,sedangkan pemeriksaan posmorthem untuk mengetahui daging layak dan sehat untuk di konsumsi” jelas kabid peternakan distanakan kabupaten melawi teti sutiarsih saat di temui di ruang kerjanya (20/7/2020)

Selama petugas melakukan pemeriksaan hewan kurban di lapangan tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19 ,baik itu kepada masyarakat yang akan melakukan penyembelihan nantinya.

 

“Kita tetap mengacu pada protokol kesehatan baik itu kepada petugas dan masyarakat jelang idhul adha 1441 hijriah nanti,dan saya mengimbau tetap gunakan masker,jaga jarak,termasuk  wajib sediakan tempat cuci tangan di lokasi pemotongan hewan” pungkasnya. (Tho)

Check Also

Rakernas SMSI 2020, Ini Poin-Poin Kesepakatan

CILEGON, SuaraBorneo – Rapat kerja nasional (Rakernas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang digelar 26-27 …