Karya Tulis Mahasiswa UMP Palangka Raya Lolos Ajang Lomba Bergengsi Kemendibud-Dikti

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Prestasi tingkat nasional kembali diraih Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP). Perguruan Tinggi yang berlokasi di Jalan RTA Milono Palangka Raya itu berhasil meloloskan satu judul karya tulis ilmiah dalam ajang Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) dan Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) tahun 2020 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Tinggi (Kemendikbud-Dikti).

Dari hasil penilaian yang baru diumumkan Kemendikbud-Dikti, untuk wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) hanya terdapat dua perguruan tinggi yang karya tulisnya lolos dalam kompetisi tersebut. Keduanya adalah UMP dan STKIP Muhammadiyah Sampit.

Atas keberhasilan meloloskan satu judul karya tulis dalam kompetisi PKM-KT untuk Bidang Gagasan Tertulis dan Artikel Ilmiah (GT-AI) itu, UMP berhak meraih insentif dari Kemendikbud.

PKM sendiri merupakan lomba karya tulis ilmiah yang diadakan reguler oleh Kemndikbud-Dikti setiap tahunnya. Di lingkup perguruan tinggi Tanah Air ajang ini merupakan kompetisi paling bergengsi sehingga selalu diikuti segenap perguruan tinggi se-Indonesia.

Selain PKM GFK dan GT-AI bidang karya tulis yang dilombakan di ajang ini antara lain PKM-K (Kewirausahaan), PKM-P (Penelitian) dan PKM-KC (Karsa Cipta).

Terkait raihan prestasi tersebut, Rektor UMP Dr Sonedi MPd kepada wartawan Minggu (26/7/2020) mengatakan bangga dan bersyukur atas usaha keras para mahasiswa yang turut berlomba.

“Alhamdulillah kita berharap keberhasilan ini semakin motivasi mahasiswa UMP untuk terus berkreativitas mengasah kemampuan di ajang-ajang tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud di tahun-tahun mendatang,”ujar Sonedi.

Ditegaskan Wakil Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng itu target UMP selanjutnya terus membimbing karya-karya para mahasiswa hingga lolos menuju ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). (ujang/ery-SB).

Check Also

Rakernas SMSI 2020, Ini Poin-Poin Kesepakatan

CILEGON, SuaraBorneo – Rapat kerja nasional (Rakernas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang digelar 26-27 …