Tahun 2020, 1002 Kepala Keluarga Di Sekadau Terima Bantuan Bedah Rumah

SEKADAU, SuaraBorneo.com – Kabupaten Sekadau mendapat kuota Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pada tahun 2020 untuk 1.002 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Sekadau, Hironimus mengungkapkan 1.002 KK penerima BSPS tersebar di tujuh kecamatan.

“Tahun ini lumayan besar kita dapat. Karena yang melalui dana alokasi khusus sebanyak 203 KK, dibantu oleh pokok pikiran DPR RI sebanyak 449 KK, dan sisanya 350 KK merupakan usulan program dinas,” jelas Hironimus (29/7).

Bantuan ini, jelas Hiron, akan disalurkan dalam dua tahap. Masing-masing 50 persen pada tahap pertama, dan 50 persen di tahap dua. “Besarannya 17.500.000 per KK dengan ketentuan 15 juta untuk material dan 2,5 juta untuk biaya upah,” tutur Hiron.

Pihaknya, lanjut Hironimus, sudah melakukan sosialisasi langsung ke desa-desa penerima sejak bulan Mei 2020 lalu.
“Nanti teknisnya, RTLH penerima bantuan membentuk kelompok. Kelompok ini bekerjasama dengan suplayer atau toko yang siap. Untuk pengerjaan diutamakan secara swadaya oleh masyarakat,” terang Hironimus.

Untuk tahun 2021 mendatang, Dinas Perkimtan sudah mengajukan bantuan serupa untuk 53 desa yang ada di Kabupaten Sekadau. “Semakin banyak usulan kita yang diakomodir oleh pusat, semakin baik,” tambah dia.

Tahun 2019 lalu, Kabupaten Sekadau mendapat predikat fasilitator terbaik se Provinsi Kalbar untuk program BSPS.
“Sejak tahun 2017 sampai sekarang sudah ada 1957 kepala keluarga yang menerima bantuan BSPS,” pungkas Hiron. (Ps)

Check Also

Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalteng Ben-Ujang Ziarah Ke Makam Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Ir. Ben …