Sholat Idul Adha Dilaksanakan Dengan Protokol Kesehatan

SEKADAU, SuaraBorneo.com – Ibadah sholat Idul Adha 1441 Hijariah secara serentak dimulai Jumat (31/7/2020) pukul 07.00 Wib.Di Masjid Besar Al-Falah Sekadau Hilir.sendiri, sejak jam 6 pagi, jemaah berdatangan. Begitu juga dengan panitia penyelenggara dan aparat keamanan.

Sholat Idul Adha tahun ini tidak diselenggarakan di lapangan terbuka seperti tahun tahun lalu, dan hanya dilakdanakan di Masjid dan Surau. Hal ini guna mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Jemaah juga diimbau menggunakan masker saat melaksanakan ibadah.

Petugas sholat di Masjid Besar Al-Falah dengan imam Syamsul Hidayat. A.Md.Far, cadangan H. Bahtiar, khatib Muhamad Ali. S.Pd. I dan cadangan L. Khaerul Anam, S Pd.i. Sedangkan bilal Khairudin Anwar. S.Sos dan cadangan Amirudin.

Khatib Muhamad Ali dalam khutbahnya menceritakan tentang Surah Al-Kautsar yang menjelaskan pelaksanaan Idul Adha. “Allah memerintahkan sholat dan berkurban secara khusus. Surah Al-Kautsar yang berisikan perintah berkurban dan melaksanakan sholat Idul Adha,” terang Muhamad Ali.

Dikatakan khatib, Allah mengajarkan seorang mukmin untuk berpindah dari kecintaan materi kepada spiritual. Mengalihkan kecintaan duniawi kepada kecintaan akhirat.

Pada perkembangan zaman saat ini, khatib mengapresiasi perkembangan angka jemaah mencintai masjid dan quran semakin banyak. Ini dibuktikan dengan banyaknya jemaah di masjid-masjid. Meski demikian, yang terjadi pada umat Islam saat ini adalah banyak bermasalah secara jiwa dan kehidupan keluarga.

“Umat cenderung memamerkan ibadah di medsos, yang menjurus pencitraan,” tukas khatib.

Khatib mengingatkan agar jemaah melaksanakan ibadah tidak untuk mencari keridhoan manusia, namun untuk mencari ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Diakhir khutbahnya, Khatib mengajak jemaah beroda kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk meminta agar selalu diberikan rahmat, dan Allah mengangkat wabah Covid-19 khususnya di Indonesia.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Kabupaten Sekadau, sebagian besar akan dilaksanakan pada hari Sabtu (1/8/2020), disebabkan hari raya Idul Adha tahun ini bertepatan dengan hari Jumat. (Ps)

Check Also

Tim Pemenangan Ben-Ujang Kapuas Nonton Bareng Debat Publik Ketiga

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng nomor urut …