Kodim 1007/Bjm Gelar Komsos Kreatif “Pencak Silat Budaya”

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Mengambil tema ” Membentuk SDM kreatif, inovatif dan adaptif” Kodim 1007 Banjarmasin menggelar Komsos Kreatif pencak silat budaya di halaman Makodim jalan S. Parman No 5 Banjarmasin pada Minggu pagi, (2/8/2020).

Komandan Kodim 1007 Banjarmasin Kolonel Czi M. Leo Pola Ardiansa dalam sambutannya mengatakan, melalui Komsos Kreatif pentas seni ” pencak silat budaya” ini diharapkan dapat meningkatkan tali Silaturahmi yang sehat dan harmonis antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat di wilayah Banjarmasin.

Kita wajib berbangga seni bela diri Indonesia khususnya pencak silat sudah mendunia.

”Sebagai aparat kewilayahan, kami akan selalu mendukung pemerintah dalam program pelestarian budaya, utamanya pencak silat ini,”lanjutnya.

Menurut Dandim, teritorial sebagai salah satu fungsi organik militer, pembinaan komsos kreatif yang diselenggarakan ini agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana penerangan dan hubungan masyarakat, sehingga akan terwujud daya dukung yang optimal serta timbulnya tingkat partisipasi masyarakat bagi kepentingan pertahanan Negara, khususnya aspek Darat.

Dandim juga menghimbau kepada semua yang hadir agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

”Terimakasih kepada semua yang hadir, karena sudah menjalankan protokol kesehatan, datang langsung mencuci tangan dan semua sudah menggunakan masker, ”Pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, menginginkan pencak silat ini agar terus dilestarikan.

” Pencak Silat Ini merupakan warisan leluhur kita, wajib kita jaga dan terus dilestarikan, ” harapnya.

Menurut orang nomor dua di Pemko Banjarmasin tersebut, semua instansi baik TNI, Forkopimda dan Instansi lainnya akan terus melakukan pembinaan , dan masyarakat juga harus terus menjaga dan melestarikan pencak silat ini.

Karena selain untuk melestarikan budaya warisan leluhur, pencak silat juga merupakan alat pemersatu bangsa.

” Dan yang paling utama dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi,”tambahnya.

Kita harapkan, sekitar 30-an perguruan silat yang ada di Kota Banjarmasin juga terus menjaga silaturahmi, baik kepada semua instansi, masyarakat dan antar sesama perguruan.

”Meski sekarang ini dalam suasana pandemi Covid-19 tetap lakukan latihan untuk menjaga gerakan dan kebugaran,yang penting dalam setiap latihan dan aktifitas selalu mematuhi protokol kesehatan,” tutupnya. (ism/ad)

Check Also

Rakernas SMSI 2020, Ini Poin-Poin Kesepakatan

CILEGON, SuaraBorneo – Rapat kerja nasional (Rakernas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang digelar 26-27 …