Kepala sekolah Diuji Kompetensi, Gustian Andiwinata: Kepsek Harus Visioner dan Berintergritas

BENGKAYANG, Suaraborneo – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Bengkayang gelar uji kompetensi bakal calon Kepala Sekolah dan Kepala Sekolah Aktif. Tes kompetensi tersebut dalam rangka melaksanakan Permendikbud nomor 6 tahun 2018, dalam rangka penugasan guru sebagai kepala sekolah.

Uji Kompetensi ini dibuka langsung oleh Plh. Bupati Bengkayang, Obaja, dan dihadiri oleh BPKADSDM inspektur dan Bappeda.

Plt. Disdikbud Kabupaten Bengkayang, Gustian Andiwinata menyatakan, uji kompetensi Kepsek ini untuk mewujudkan kepala sekolah yang kompeten, beritegritas, dan Visioner.
” haruslah kita ikuti proses seleksi dari Seleksi Administrasi dan Substansi,” ujar Gustian, Senin (3/8).
Lanjut Gustian, Uji Kompetensi ini untuk melihat dasar bakal calon Kepala Sekolah yang sudah memenuhi syarat Administrasi untuk direkomendasikan pada Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS).

Sementara untuk uji Substansi dan jika lulus dilanjutkan Tes Calon Kepala Sekolah yg akan mendapat Sertifikat Kepala Sekolah yg memenuhi persyaratan dan kelayakan.

“Kita berharap dengan melalui proses Seleksi Calon Kepala Sekolah ini dapat menghasilkan Kepala Sekolah yang Visioner, Inovatif, Kreatif, produktif, kolaboratif dan mampu meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Bengkayang,” harap Gustian.

Dari uji kompetensi ini kata Mantan Kabag Perbatasan, juga diharapkan bisa mendapatkan Kepala Sekolah yang berintegritas dalam pengelolaan SDM, Sapras dan Aset yang ada di Satuan pendidikan yang di Kelola.

“Kejujuran, Integritas dan rasa memiliki untuk meningkatkan mutu Sekolah itu harus ada dalam kepribadian Calon Kepala Sekolah,” paparnya. Kabupaten Bengkayang dapat mencetak SDM yang siap berkompetisi dan output pendidikan yang memiliki kecakapan hidup (life skill).

Uji kompetensi ini diikuti oleh 420 orang, yang dibagi dalam dua sesi serta tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. (Sr).

Check Also

Rakernas SMSI 2020, Ini Poin-Poin Kesepakatan

CILEGON, SuaraBorneo – Rapat kerja nasional (Rakernas) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang digelar 26-27 …