Swing Voters Penentu Kemenangan di Pilkada Sekadau

Direktur Strategi ISS, Karyono Wibowo

SEKADAU, SuaraBorneo.com – Indo Survey dan Strategi (ISS) merilis hasil survey terkait elektabilitas pasangan calon yang berpotensi maju di Pilkada Sekadau Desember mendatang. Dari hasil survey tersebut, diketahui angka swing voters atau pemilih mengambang masih cukup tinggi.

“Kalau kita melihat dari data hasil survey, angka swing voters masih tinggi di angka 50 persen lebih,” ujar Karyono Wibowo, Direktur Strategi ISS saat jumpa pers, Rabu (5/8/2020).

Dengan masih tingginya angka swing voters, dipastikan akan menjadi penentu kemenangan. “Siapa pun kandidat yang bisa merebut swing voters, berpotensi menjadi pemenang,” tegas Karyono.

Survey ISS dilakukan dua tahap, Desember 2019 dan Juli 2020. Metode survey yang digunakan melalui wawancara lapangan, multistage random sampling serta metode survey lainnya.

Dalam survey tersebut, ISS mengerucutkan ke sejumlah kandidat. Paling utama adalah pasangan incumbent Rupinus-Aloysius (RA) dan Aron-Subandrio (PAS).

Jika dikonver dengan peta dukungan, Karyono mengakui jika incumbent masih cukup tinggi. Pasangan incumbent selalu berada di atas dari berbagai aspek.

“Tapi itu tadi, kandidat lain masih memiliki peluang. Hanya saja harus bekerja ekstra keras,” tukas Karyono. (ASkri)

Check Also

Walau Sudah Berlangsung Daring, Para Ulama Tetap Banyak Berdatangan di Persidangan Despi

KOTABARU, SB – Walau sudah dilaksanakan secara daring, sidang Despianoor tetap dipadati para ulama dari …