Dua Destinasi Wisata Bengkayang masuk Nominasi API 2020

BENGKAYANG, Suaraborneo.com – Dua destinasi di Kabupaten Bengkayang masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) tahun 2020. Dua destinasi tersebut, Tanggi Rafting yang terletak di Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang, dan Kampung Kreatif Jagoi Kindau, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Anugerah Pesona Indonesia (API) yang merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Ajang API sebagai upaya untuk mengembangkan potensi wisata di daerah di Indonesia. Penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri atau swasta maupun pemerintahan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Bengkayang, Made Putra Negara, mengaku sangat bangga dan bersyukur bahwa tahun 2020 ini ada dua destiny wisata kabupaten Bengkayang masuk nominasi API 2020.

“Kita sangat bangga dan bersyukur tahun ini ada dua destinasi wisata kita masuk nominasi API 2020, Tanggi Rafting kategori wisata air terpopuler. Kampung Kreatif Jagoi Kindau masuk nominasi kategori wisata belanja terpopuler,” ungkap Putra Made Negara, Rabu (5/8).

Made menjelaskan, bahwa Tanggi Rafting yang berada di Kecamatan Tujuh Belas dan untuk ke sana butuh waktu sekitar 2 -3 jam dari pusat Kota Bengkayang tersebut sedang ditata.

“Saat ini kita sudah tugaskan dua orang sarjana pariwisata untuk melakukan pembinaan manajemen desa wisata di sana. Khusus untuk Riam Panggar kita juga hadirkan dua orang staf khusus Disporapar menjadi petugas pendamping dan sekaligus membina Pokdawaris setempat,” kata dia.

Sebelumnya kata Made, manajemen Pokdarwis tidak berjalan maksimal sehingga kepengurusannya diregenerasi.

“Pengelolaan kita tetap berpihak ke masyarakat. Tapi kita perkuat kerja sama dengan desa, Pokdarwis di bawah BUMDes, dan kerja sama dengan Pemda.Semoga ke depannya semakin baik,” jelasnya.

Terkait kunjungan wisatawan baik lokal maupun luar, selalu ramai pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu. Rata – rata jumlah kunjungan, lanjutnya, 50-150 orang dalam sehari atau selama sebulan 200-600 orang.

“Setiap tahun kita ada pelatihan untuk mereka, bantuan sarana perahu dan perlengkapan juga kita adakan. Tahun ini kita bangun jalan dalam kawasan sepanjang pinggir sungai yang menghubungkan Riam Panggar dan Riam Berangek. Toilet juga kita tambah tahun ini. Tempat kuliner khusus belum ada tapi sudah ada rencana,” katanya.

Dengan masuknya Tanggi Rafting dalam nominasi API 2020, ia mengajak masyarakat Kalbar dan khusus Kabupaten Bengkayang untuk mendukung daerah itu sebagai tempat wisata air terpopuler di Indonesia.

“Mohon dukungan seluruh warga Kalbar untuk ikut memilih dengan cara ketik API 8 I lalu kirimkan ke nomor 99386. Mari bersama kita promosikan dan majukan daerah ini menjadi destinasi wisata terbaik di Indonesia,” ajak dia.

Sementara untuk, Kampung Kreatif Jagoi Kindau, masuk nominasi kategori wisata belanja terpopuler. Ia menjelaskan, bahwa Jagoi Kindau salah satu kampung kreatif yang telah ditetapkan resmi oleh Bupati Bengkayang. Menurutnya, kampung yang berada di Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, hampir seluruh warganya bisa menganyam rotan atau bambu.

“Kemudian produknya juga beragam mulai dari bidai, berbagai kerajinan tas, dompet, gantungan kunci dan lainnya. Saat ini mereka telah mampu melakukan hasil kerajinan yang lebih baik berkat pelatihan yang dilakukan,” kata dia.

Ia menjelaskan bahwa produk masyarakat di Jagoi Kindau selalu habis terjual di Pasar Serikin, Sarawak, Malaysia. Letak geografis daerah ini juga berada di kecamatan yang berbatasan darat langsung dengan negara tetangga.

“Biasanya setiap hari Jumat ada pedagang dari Serikin, Malaysia, yang membeli seluruh produk Kampung Kreatif Jagoi Kindau. Pasar khusus Jagoi Kindau sedang kita persiapkan mungkin tahun depan bisa selesai,” kata dia.

Dengan masuknya Jagoi Kindau sebagai dalam API 2020 ia mengajak masyarakat Kalbar dan khusus Kabupaten Bengkayang untuk mendukung daerah itu sebagai tempat wisata belanja terpopuler di Indonesia.

“Mohon dukungan seluruh warga Kalbar untuk ikut memilih dengan ketik API 5C lalu kirimkan ke nomor 99386. Mari bersama kita promosikan dan majukan daerah ini menjadi destinasi wisata terbaik di Indonesia,” ajak dia. (Sr)

Check Also

Yohanes Budiman Resmi di Lantik jadi Penjabat Bupati Bengkayang

PONTIANAK, SuaraBorneo.com –  Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, hari ini, Rabu (30/9) secara resmi melantik Yohanes …