Kantah Sanggau Komitmen Wujudkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

SANGGAU, SB – Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Sanggau bertekan meningkatkan pelayanan prima menuju Zona Integritas (ZI) dan menjadikan BPN Sanggau wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBK/WBBM) dan untuk mewujudkan itu, BPN Sanggau menggelar acara penguatan komitmen yang dipimpin langsung Kepala Kantah Kabupaten Sanggau Zulfitriansyah dan dihadiri BPN Provinsi Kalimantan Barat. Kamis, (13/8/2020).

Zulfitriansyah mengatakan, pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM untuk Kantah Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan pada tahun 2018. Namun karena sudah 2 tahun lebih sejak dicanangkan dan juga terjadi pergantian personel dan pejabat, maka penguatan komitmen perlu dilakukan.

“Kami mempelajari suatu strategi-strategi untuk pencapaian ZI itu salah satunya adalah penguatan komitmen. Karena personel berganti, kami kuatkan lagi komitmen untuk melaksanakan ZI menuju WBK/WBBM,” katanya.

 

Menurut Zul, penguatan komitmen ini diharapkan mendorong seluruh pegawai Kantah Kabupaten Sanggau agar terlibat aktif dalam pembangunan ZI. Sehingga tercipta perubahan budaya kerja yang sistematis dan baik, dalam hal perbaikan pelayanan dan reformasi birokrasi. “Penguatan itu kami tuangkan dalam penandatanganan ikrar bersama,” ujarnya.

Strategi lain yang dipersiapkan Kantah Sanggau adalah meningkatkan kemudahan dan kenyamaman dalam pelayanan kepada masyarakat. Mulai dari renovasi, peningkatan layanan loket hingga menyediakan fasilitas umum. “Jadi di Kantah Sanggau, kami siapkan ruang laktasi bagi ibu menyusui, ruang pengaduan, ruang baca dan ruang bermain anak,” kata Zul sapaan akrabnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga menyediakan layanan antar sertifikat bagi masyarakat yang tidak dapat hadir di Kantah Sanggau karena sakit, usia lanjut, disabilitas dan rumah ibadah. Pelayanan Delivery BPN Kabupaten Sanggau ‘Uju AteR OTW yang di-launching bersamaan dengan penguatan komitmen ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang berdomisili di kota Sanggau.

Langkah strategis lain, lanjut Zul, adalah pelaksanaan manajemen media yang baik melalui media situs resmi Kantah Sanggau, media cetak, media elektronik dan lainnya secara berkelanjutan. Kemudian, meningkatkan kinerja pelayanan dan sikap dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Monitoring dan evaluasi akan kami lakukan secara berkala dan berkelanjutan,” terangnya.

Hadir dalam penguatan komitmen itu Kepala Bidang Pengadaan Tanah Kanwil BPN Provinsi Kalbar Syahrannur dan Kepala Sub Bagian Organisasi dan Kepegawsaian Kanwil BPN Kalbar Agus Bustami.

Kepala Bidang Pengadaan Tanah Kanwil BPN Provinsi Kalbar Syahrannur memberikan apresiasi atas komitmen dan persiapan yang telah dilakukan Kantah Kabupaten Sanggau dalam mewujudkan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. “Kalau kita lihat persiapan tadi (kemarin, red), infrastuktur sudah memenuhi syarat. Ini (penguatan komitmen salah satu tahapan menuju zona integritas setiap kantor. Dan ada penilaian eksternal nanti,” katanya.

Menurut Syahrannur, membangun zona integritas memang tidak mudah. Namun dengan melihat komitmen dan persiapan yang telah dilakukan, ia meyakini Kantah Sanggau mampu meraih itu di tahun 2021.
“Zona Integritas untuk Kantah Sanggau diprediksi tahun depan dikeluarkan penetapannya. Mereka masih mempersiapkan beberapa tahapan sesuai syarat-syarat menuju ZI itu. Dan saya lihat sudah cukup representatif juga persiapan loket, penguatan komitmen dan lain-lain,” ujarnya.

Dikatakan Syahrannur, terpenting adalah bagaimana memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat, yakni Indeks Kepuasan Masyarakat. Itu nanti dilakukan survei oleh BPS. Dan di Kantah Sanggau hampir 90 persen sudah penggunaan layanan digital, baik layanan bersifat pertama kali maupun derivative. (Bry)

Check Also

Kampanye Paslon PANAH Disambut Antusias Warga Desa Manggala dan Nanga Pintas

MELAWI, SUARABORNEO – Menjelang akhir masa kampanye safari politik pertemuan dengan warga di sejumlah Kecamatan …