Upacara Detik-Detik Proklamasi Berlangsung Khidmat di Tengah Pandemi Covid-19

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pemerintah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah menggelar upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 walaupun ditengah pandemi Covid-19.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT dan pembaca Naskah Proklamasi ditugaskan kepada Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas Yohanes ST.

Berbeda dari tahun sebelumnya upacara yang setiap tanggal 17 Agustus dilaksanakan di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas kali ini dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kapuas Jalan Pemuda Km 5,5 dengan peserta dan undangan yang terbatas serta tetap mengikuti protokol kesehatan salah satunya dengan menggunakan masker, Senin (17/8/2020) pagi.

Bendera merah putih berhasil dikibarkan oleh pasukan pengibar bendera pusaka atau Paskibraka yang jumlahnya dibatasi hanya 6 orang saja, mengingat masih dalam tanggap darurat pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Dalam rangkaian upacara dilaksanakan Penandatanganan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama Ketua DPRD Kabupaten Kapuas yang diwakili oleh Wakil Ketua I DPRD Kepala Kejaksaan Negeri Kuala Kapuas Ketua Pengadilan Negeri Ketua Pengadilan Agama Kepala Kepolisian Resor Kapuas dan Dandim 1011/KLK.

Kemudian dilaksanakan pula penyerahan piagam penghargaan kepada pemenang peserta lomba Virtual Fotografi Tanaman Hias/Tanaman Toga dan Lomba Vocal Solo serta Lomba Vocal Grup antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Kapuas yang mana kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kapuas.

Bupati Kapuas mengajak semua masyarakat Kabupaten Kapuas untuk mengisi kemerdekaan ini dengan sesuatu hal yang baik salah satunya di tengah pandemi Covid-19 dengan mentaati protokol kesehatan. Ia juga menekankan agar masyarakat tidak putus asa jangan pesimis dan harus optimis dalam menjalankan era kenormalan ini selalu bekerja keras bekerja cerdas bergerak dan bertindak cepat serta tidak pantang menyerah.

“Bangsa yang besar adalah apabila anak bangsanya menghormati para pendahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan ini. Mari sekali lagi kita bergandengan tangan bersama-sama melangkah membangun Kapuas yang kita cintai ini menjadi kabupaten yang maju rukun dan damai.

Saya bangga kepada masyarakat Kabupaten Kapuas yang begitu luar biasa dan komitmen memegang tali silahturahim walaupun tidak sedarah tetapi kita semua bersaudara,”tegasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

KPU Sekadau Gelar Sosialisasi Pilkada di Masa Pandemi Covid-19

SEKADAU, suaraborneo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sekadau, gelar sosialisasi pelaksanaan Pilkada dalam kondisi …