167 Warga Binaan Rutan Sanggau Dapat Remisi HUT ke-75 RI

SANGGAU, SB – Sebanyak 167 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sanggau mendapat remisi HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Hari ini 167 orang (yang mendapat remisi), satu orang langsung bebas pidana pokok tapi masih melanjutkan pidana subsider selama tiga bulan ke depan,” kata Acip Rasidi, Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Senin (17/8/2020).

WBP itu mendapat pemotongan hukuman antara satu sampai lima bulan. Dengan rincian remisi satu bulan 36 WBP, remisi dua bulan 55 WBP, remisi tiga bulan 53 WBP, remisi empat bulan 19 WBP dan remisi lima bulan empat WBP.

“Yang mendapat remisi tahun ini semuanya laki-laki. WBP wanita tahun ini belum bisa diberikan remisi, karena ada yang masih berstatus tahanan dan ada juga yang belum memenuhi syarat sebagaimana PP nomor 99 tahun 2009,” ungkap Acip.

Penyerahan remisi HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia diberikan secara simbolis oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi dalam prosesi virtual yang dipandu langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly dari Kantor Kemenkumham.

“Tidak ada yang ingin jadi narapidana, tapi kalau sudah terlanjur, saya minta jangan diulangi. Tadi yang menerima simbolis, saya lihat kasusnya narkoba. Saya minta ke dia jangan diulangi, karena biasanya kasus narkoba kambuhan. Dia bilang siap,” ujar Paolus Hadi.

Bagi WBP yang belum mendapat remisi, Bupati berpesan agar terus berbuat baik selama menjadi warga binaan pemasyarakatan. Dikatakan, bila sudah memenuhi persyaratan nanti bisa diajukan untuk mendapatkan pemotongan hukuman.

Kepada pihak Rutan, Paolus Hadi berharap dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan Covid19. “Apalagi yang kodisinya over kapasitas begini,” imbuhnya.

“Tadi saya sudah sampaikan ke Karutan, apabila ada kebutuhan untuk penanganan Covid19, Pemerintah Daerah Sanggau siap dan selalu ada,” pungkas Bupati. (Bry)

Check Also

HAMKA Dukung “PANAH” Pilkada Melawi 2020

MELAWI, SuaraBorneo.com – H. Amri Kalam menentukan sikapnya mendukung pasangan PANAH, dengan membentuk tim kerja …