Sambut HUT RI ke’75, Satgas Yonif R 641 Gelar Lomba Antar Pos

SANGGAU, SB – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Beruang yang telah memasuki 9 bulan penugasan di sektor barat wilayah Kalimantan Barat sejak akhir November 2019 menggelar lomba antar pos. Dua kategori lomba, yaitu Binter terbaik dan Kebersihan terbaik dilombakan antar pos yang berjumlah 28.

Satgas Yonif R 641/Beruang menggelar pos dari paling barat di Temajuk, Kabupaten Sambas hingga paling timur di Guna Banir, Kabupaten Sanggau. Selain tugas menjaga keamanan di perbatasan darat RI-Malaysia terhadap tindak pelanggaran perbatasan, penyelundupan dan berbagai kegiatan ilegal lainnya, Satgas Yonif R 641/Beruang juga bertugas melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) secara terbatas terhadap masyarakat perbatasan.

Sebagai wujud apresiasi terhadap kinerja dan kerja keras anggotanya yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan memberikan beberapa prestasi membanggakan selama penugasan, maka Dansatgas Yonif R 641/Beruang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono, menggelar perlombaan pos terbaik dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Aspek kriteria yang menjadi penilaian dalam perlombaan pos terbaik tersebut adalah berdasarkan kriteria kebersihan dan kerapihan, dan berdasarkan kriteria Binter yang terbaik.

Dansatgas Yonif R 641/Beruang di sela-sela acara penyerahan piala dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba menyampaikan bahwa tujuan diadakan lomba pos terbaik adalah untuk membangkitkan semangat anggotanya dalam menjaga kebersihan dan kerapian pos. Terlebih sebentar lagi akan diadakan rotasi Satgas. Kukuh mengajak anggotanya untuk menyambut Satgas pengganti dengan memberikan kesan pertama pos yang bersih dan rapi.

Sedangkan untuk lomba Binter terbaik, setiap pos dinilai tentang kegiatan Binter yang telah dilakukan pos terhadap masyarakat disekitarnya. Penilaian didasarkan pada macam dan manfaat dari kegiatan-kegiatan kreatif dan seberapa besar dirasakan manfaatnya.

Pemenang lomba pos terbaik berdasarkan kriteria kebersihan dan kerapihan, juara I diraih oleh Pos Temajuk yang dipimpin oleh Letda Inf Erman Harisutaman, juara II diraih oleh Pos Kout Jagoi Babang yang dipimpin oleh Wadan Satgas Mayor Inf Dede A. Ramdan dan juara III diraih oleh Pos Sei Daun yang dipimpin oleh Lettu Inf Komang Adi.

Sedangkan pemenang lomba pos terbaik berdasarkan kriteria kegiatan Binter, juara I diraih oleh Pos Guntembawang yang dipimpin oleh Serka M.Rifadi, juara II diraih oleh Pos Lubuk Tengah yang dipimpin oleh Letda Inf Wisnu dan juara III diraih oleh Pos Sentabeng yang dipimpin oleh Sertu Akinsi.

Tim penilai terdiri dari seluruh perwira staf berdasarkan pengamatan langsung saat berkunjung ke pos-pos dan laporan kegiatan pembinaan teritorial yang telah dilakukan dari awal penugasan hingga sekarang. (Bry)

Check Also

RAMPAH PIRUAH’ Air Terjun Nan Eksotis Dipedalaman Meratus

BARABAI, SuaraBorneo – Adalah salah satu wisata alam yang terletak dipegunungan atau dihutan Meratus. Air …