UMP Perguruan Terbaik Se-Kalteng Versi Kemdikbud

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) menduduki peringkat pertama perguruan tinggi terbaik se-Kalimantan Tengah (Kalteng) berdasarkan klasterisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2020.

Data klasterisasi yang dirilis Kemdikbud 18 Agustus 2020 tadi, menyebutkan UMP dinilai lebih unggul pada empat indikator penilaian dibanding beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) di Kalteng. Di antaranya, indikator input dengan bobot 20 persen indikator proses dengan bobot 25 persen indikator output dengan bobot 25 persen dan indikator outcome dengan bobot 30 persen.

Sebagai pembanding dari keempat indikator tersebut bobot yang dicapai UMP hanya kalah dari Universitas Palangka Raya (UPR) pada indikator input.

Berdasar nilai keseluruhan dalam penilaian indikator-indikator itu UMP mengungguli seluruh PTN/PTS di Kalteng dengan total nilai 1.279.

Dengan raihan nilai itu pula di lingkup regional Kalimantan UMP berhasil masuk di peringkat 6. Sedangkan di lingkup nasional UMP masuk dalam klaster 4.

Rektor UMP Dr H Sonedi MPd, Rabu (19/8/2020) menyampaikan terimakasih atas kerja keras dan kekompakan seluruh sivitas akademik dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan sehingga mampu mengungguli perguruan tinggi lain dari tingkat lokal regional nasional bahkan internasional.

Dijelaskan hasil klasterisasi dari Kemdikbud ini menunjukkan keseriusan UMP dalam menjalankan tata kelola dan manajemen perguruan tinggi yang baik.

“Hasil ini kami persembahkan untuk masyarakat Kalteng supaya tidak ragu memilih UMP sebagai tempat melanjutkan studi di tingkat perguruan tinggi,”sebut Sonedi. (ujang/ery-SB).

Check Also

Drainase Tanjakan Semboja Kedepannya Akan Diperlebarkan

SANGGAU, SB – Perbaikan drainase tanjakan Semboja di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, …