Fraksi Dewan Setujui Raperda

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Bupati Kapuas mengikuti Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020 mengenai penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi pendukung terhadap sebelas buah Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Kapuas Rabu (19/082020) pagi.

Bertempat di Aula Rapat Paripurna DPRD Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Ardiansah tampak hadir unsur Forkopimda Kabupaten Kapus, Anggota DPRD, Asisten Sekda Staf Ahli Bupati para tenaga ahli Fraksi DPRD dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas.

Dalam rapat Paripurna tersebut semua Fraksi yang hadir dapat menerima dan menyetujui sebelas buah Raperda Pemerintah Daerah untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kapuas.

Adapun 11 buah Raperda tersebut antara lain perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas Nomor 2 tahun 2011 tentang Retribusi jasa Usaha perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas Nomor 15 tahun 2010 tentang Pajak Daerah perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas Nomor 3 tahun 2010 tentang Retribusi Pasar Grosir dan Pertokoan.

Kemudian tentang penyelenggaraan Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik tentang Retribusi dan Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan dan Unit Pelaksanaan Teknik Pusat Kesehatan Masyarakat dan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Kapuas tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Kabupaten Kapuas tentang Penyelenggaraan Perpustakan dan tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah kabupaten Kapuas Nomor 8 tahun 2011 tentang Penambahan penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Kapuas kepada Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Kalimantan Tengah.

Lalu tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Kapuas Tirta Pambelom tentang Retribusi Izin mendirikan bangunan dan tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Selanjutnya Raperda yang akan dilakukan Evaluasi dan Fasilitasi ke Gubernur Kalimantan Tengah sebanyak lima buah yaitu perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas Nomor 2 tahun 2011 tentang Retribusi jasa Usaha perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas Nomor 15 tahun 2010 tentang Pajak Daerah, perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas Nomor 3 tahun 2010 tentang Retribusi Pasar Grosir dan Pertokoan tentang Retribusi dan Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan dan Unit Pelaksanaan Teknik Pusat Kesehatan Masyarakat dan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Kapuas, dan tentang Retribusi Izin mendiririkan bangunan.

Sedangkan Raperda yang akan di fasilitasi sebanyak enam buah yaitu tentang penyelenggaraan Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Kabupaten Kapuas tentang Penyelenggaraan Perpustakan tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah kabupaten Kapuas Nomor 8 tahun 2011 tentang Penambahan penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Kapuas kepada Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Kalimantan Tengah tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Kapuas Tirta Pambelom dan tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Bupati Kapuas dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pansus I Pansus II dan Pansus III DPRD Kabupaten Kapuas, Badan Pembentukan Daerah DPRD Kabupaten Kapuas Pimpinan dan Anggota Dewan yang telah mencurahkan perhatian pikiran dan tenaga sehingga sebelas buah Raperda Kabupaten Kapuas tersebut dapat disetujui untuk ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Kapuas.

“Dengan disetujuinya sebelas buah Raperda untuk ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Kapuas maka dengan demikian kita sudah memliki produk Hukum Daerah yamg menjadi dasar bagi kita untuk melaksanakan dan mewujudkan Otonomi Daerah secara benar dan bertanggungjawab dan semoga apa yang telah kita lakukan dan kita perbuat dapat bermanfaat bagi Masyarakat Kabupaten Kapuas yang kita cintai ini,” pungkasnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Patahkan Klaim Indonesia Politica Studies, Indikator Rilis Prediksi Kemenangan ZR 60,3 Persen

BATULICIN, SuaraBorneo.com – Indikator Politik Indonesia adalah sebuah lembaga survey independen nasional yang terdaftaf di …