Jadi PMI Ilegal di Malaysia, 40 Orang WNI di Deportasi Lewat PLBN Entikong

SANGGAU, SB – Sebanyak 40 orang Warga Negara Indonesia (WNI) bermasalah saat berada di negara tetangga Malaysia dan sudah menjalani proses hukuman berlaku di negara setempat dipulangkan ke tanah air secara Deportasi dari Imigresen Malaysia Depot Semuja melalui Pos Lintas Batas Negara PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau.

Tiba di PLBN Entikong para WNI bermasalah tersebut wajib untuk mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan, penyemprotan cairan disinfektan terhadap barang bawaannya, ukur suhu tubuh dan dilakukan rapid test serta dilakukan pendataan identitas oleh petugas kesehatan.

“Hari ini sebanyak 40 orang Warga Negara Indonesia atau WNI bermasalah yang menjadi Pekerja Migran Indonesia ielgal atau Non Prosedur dipulangkan secara Deportasi yang terdiri dari 28 orang Laki-laki dan 12 orang perempuan,” jelas Koordinator Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Entikong, Reinhard Herkules Parada Panjaitan, Kamis (20/8/2020).

“Permasalahan mereka mayoritas tidak memiliki Permit atau vissa kerja 20 orang, tidak memiliki paspor 12 orang, judi online 6 orang, Ikut orang tua 1 orang dan gangguan Jiwa 1 orang,” tambahnya.

Dari 40 orang WNI PMI-B tersebut berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia yakni Provinsi Kalimantan Barat 29 orang, Provinsi Jawa Barat 2 orang, Provinsi Jawa Tengah 1 orang, Provinsi Nusa Tenggara Timur 1 orang, Provinsi Riau 2 orang, Provinsi Jawa Timur 3 orang, Provinsi Sulawesi Selatan 1 orang dan Provinsi Sulawesi Tenggara 1 orang.

Setelah dilakukan proses pendataan dan makan Sore, sekira pukul 15.15 Wib kepada Pekerja Migran Indonesia berangkat ke Dinas Sosial Provinsi Kalbar. (Bry)

Check Also

Drainase Tanjakan Semboja Kedepannya Akan Diperlebarkan

SANGGAU, SB – Perbaikan drainase tanjakan Semboja di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, …