Prodi Administrasi Publik UMP Raih Akreditasi A

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Upaya Universitas Palangka Raya (UM)) untuk meraih akreditasi A sebagai institusi layanan pendidikan semakin dekat. Ini terjadi setelah program studi (Prodi) di dalamnya resmi terakreditas A. Terbaru Prodi Administrasi Magister Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UMP naik status dari B menjadi A.

Akreditasi A untuk Prodi Magister (Strata II) Administrasi Publik ini menjadi yang Prodi kedua berstatus A. Prodi lain yang lebih dulu berakreditasi A adalah Administrasi Negara (Strata I) yang juga bagian dari Fisipol UMP.

Kenaikan status akreditasi A Prodi Administrasi Publik Fisipol UMP ini dinyatakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam surat keputusan No.4673/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2020 tertanggal 18 Agustus 2020 tadi. Berdasarkan penilaian BAN-PT Prodi ini lulus meraih akreditasi A dengan skor 366 atau melebihi standard skor A (unggul) yang dipatok minimal 361.

Rektor UMP Dr H Sonedi MPd didampingi Dekan Fisipol UMP Dr HM Yusuf MAP kepada wartawan Jumat (20/8/2020) pagi, menyatakan pencapaian ini merupakan hal yang sangat membahagiakan sekaligus prestisius bagi UMP.

Pasalnya hingga saat ini di lingkup regional Kalimantan, UMP menjadi satu-satunya perguruan tinggi non-negeri yang prodi di dalamnya berakreditasi A.

“Alhamdulillah saya selaku pimpinan institus menyampaikan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh civitas akademika atas kerja sama dan kekompakannya untuk membawa UMP menjadi lebih baik,”kata Sonedi.

Rektor UMP melanjutkan pihaknya juga menyampaikan terimakasih atas dukungan moril maupun materil dari Pengurus Pusat (PP) dan Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah sehingga UMP mampu meraih hasil ini.

“PP Muhammadiyah memiliki Bidang Dikti-Litbang terus mengingatkan kita untuk konsisten menjaga mutu layanan pendidikan juga melakukan pengawasan hingga mencarikan asesor dari luar untuk membantu UMP meningkatkan mutu ini,”sebut Sonedi.

Dijelaskan pencapaian ini semakin memotivasi dan membuka jalan bagi UMP untuk merealisasikan cita-cita meraih akreditasi A sebagai perguruan tinggi yang diupayakan tercapai antara akhir tahun 2021 hingga awal tahun 2022. Salah satu syaratnya terjadi peningkatan status akreditasi pada Prodi lain.

“Untuk Prodi Ilmu Komunikasi saat ini sedang dalam proses asesmen lapangan untuk segera naik akreditasi dari C ke B. Juga untuk Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kita siapkan untuk melakukan akreditasi,”terang Sonedi.

Dia menambahkan pencapaian serta upaya-upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan oleh jajaran UMP ini sepenuhnya dipersembahkan kepada masyarakat dan daerah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pihaknya akan selalu konsisten melakukan pembenahan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap UMP yang kini mendidik 4.500 lebih mahasiswa semakin meningkat.

Alhamdulillah juga berdasarkan hasil audit lapangan yanag dilakukan secara daring (dalam jaringan) auditor merekomendasikan UMP untuk mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2015. Ini merupakan bukti kalau kita tidak main-main dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada masyarakat,”tandasnya.
(ujang/ery-SB).

Check Also

Wabup HSS Jadi Narasumber di STAI Darul Ulum Kandangan

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bertempat di Aula STAI Darul Ulum Kandangan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan …