Diskominfo Gandeng Kementerian Kominfo Tingkatkan SDM Bidang TIK

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Balai Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Banjarmasin dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kabupaten Kapuas dan juga kerjasama dibidang penelitian guna menjadikan Kabupaten Kapuas menuju Kota Digital atau Smart City.

Guna merencanakan program tersebut untuk kedepannya, Kepala Dinas Kominfo Kapuas Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes menerima langsung kunjungan Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman Harahap bersama Peneliti Muda BPSDMP Kominfo Banjarmasin Syarifuddin, bertempat diruang kerjanya, Selasa (25/8/2020) pagi.

Dikesempatan tersebut, Kadis Kominfo Dr H Junaidi menuturkan dalam hal peningkatan kapasitas SDM TIK sangat diperlukan dukungan dari berbagai pihak, baik secara internal maupun eksternal, salah satunya dari BPSDMP Kominfo Banjarmasin. Berdasarkan hal itulah, dirinya menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kerjasama yang terjalin tersebut sebab dinilai sangat membantu meningkatkan kapasitas SDM, khususnya untuk Diskominfo Kapuas sendiri.

Kemudian, dijelaskannya untuk saat ini masyarakat Kabupaten Kapuas memiliki harapan yang besar terhadap Diskominfo Kapuas, terlebih dalam hal membuka isolasi di desa yang tidak terjamah jaringan internet. Untuk itulah diperlukan SDM TIK yang memang menurutnya berkompetensi dalam mengurus hal tersebut.

“Saat ini pada Diskominfo Kapuas terdapat beberapa bidang, diantaranya IKP, E-Government, Statistik dan Persandian, dimana untuk kedepannya memerlukan pelatihan sebagai lengkah guna terus meningkatkan kapasitas SDM nya sehingga mampu bersaing dan memiliki prestasi yang dapat menjadi kebanggaan dalam hal teknologi informasi,”ungkap H Junaidi.

Dirinya pun menyambut baik akan adanya program pelatihan tersebut kedepannya dan berharap SDM TIK di Kabupaten Kapuas semakin lebih berkembang dan lebih maju lagi.

Sementara itu Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman Harahap menjelaskan kedatangannya ke Diskominfo Kapuas dalam rangka menjalin silaturahmi dan menjajakan kerja sama terkait kegiatan yang bisa dilaksanakan secara bersama antara BKPSDM dan Dinas Kominfo Kapuas.

“Kedepan nanti akan ada beberapa kegiatan yang bisa kita kerjasamakan bersama Diskominfo Kapuas seperti Bimbingan Teknis (Bimtek) TIK baik yang sifatnya sertifikasi maupun non sertifikasi,”ujarnya.

Kemudian lanjutnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga ada program Digital Talent Scholarship dengan beberapa tema pelatihan didalamnya seperti Junior Networking, Web Develover, Junior Programing, Desain Grafis dan lain-lain.

“Pelaksanakan kegiatan sendiri dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pendaftaran yang berlangsung hingga tanggal 27 Agustus 2020 dan tahap pelaksanaan kegiatan yang mulai dilaksanakan pada awal bulan September. Ini semua dalam rangka upskilling kemampuan anak-anak lulusan SMK, D3, D4 bidang IT dengan semua biaya gratis dan dibiayai oleh Kementerian Kominfio dan apabila ingin mendaftar bisa mengunjungi digitalent.kominfo.go.id,”tutup Abdul Rahman Harahap. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

HAMKA Dukung “PANAH” Pilkada Melawi 2020

MELAWI, SuaraBorneo.com – H. Amri Kalam menentukan sikapnya mendukung pasangan PANAH, dengan membentuk tim kerja …