Keunggulan Kualitas pendidikan UMP Diakui lembaga Eksternal

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) memprioritaskan jaminan kualitas pendidikan sesuai motto “Unggul dan Berkarakter”. Hal itu dibuktikan dengan adanya pengakuan lembaga eksternal, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang baru-baru ini mengeluarkan keputusan peningkatan status akreditasi program studi (prodi) S2 Administrasi Publik UMP dari B ke A atau terklasifikasi setara dengan unggul.

Menanggapi raihan itu, Rektor UMP Dr H Sonedi MPd menggarisbawahi tiga hal. Pertama, akreditasi A (unggul) ini merupakan prestasi kolektif, ada banyak aktor yang terlibat. Tidak hanya aktor yang sekarang memegang amanah, tapi juga yang lampau. Karenanya kontribusi semua aktor perlu kita apresiasi, ungkap Sonedi, Selasa (25/8/2020).

Kedua, lanjut Rektor, akreditasi ini juga sekaligus bukti pengakuan pihak luar atas kualitas pendidikan di UMP.

“Apresiasi ini kami pandang sebagai amanah, kepercayaan yang harus dijaga. Ketiga, akreditasi A (unggul) ini juga salah satu kebijakan kampus merdeka yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,”jelasnya.

Lebil lanjut Rektor mengungkapkan, sampai saat ini UMP sudah memiliki dua program studi terakreditasi A (unggul), semuanya ada di Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Di samping itu secara bersamaan asesmen lapangan pada prodi pendidikan teknologi informasi yang pertama kali melakukan akreditasi berhasil meraih akreditasi B (sangat baik).

“Hasil ini kami persembahkan untuk pendidikan di Kalimantan dan secara khusus di Kalimantan Tengah, karena bersasarkan data di LLDikti wilayah XI Kalimantan hanya prodi di UMP yang akreditasinya A,”ujarnya.

Ditambahkan Sonedi, secara bersamaan UMP juga telah dilakukan Audit ISO 9001:2015 yaitu tentang Sistem Manajemen Mutu pada Rektorat, Biro Umum, Sistem Penjaminan Mutu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Prodi Teknik sipil dan Prodi DIII Farmasi, dan kami bersyukur berdasarkan kesimpulan akhir dari auditor bahwa UMP direkomendasikan untuk memperoleh Sertifikat ISO 9001:2015.

Lebih Lanjut Rektor mengatakan, hal lain yang juga membanggakan, berdasarkan hasil klasterisasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia yang dirilis 17 Agustus 2020 lalu, UMP Mengungguli seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Kalimantan Tengah, yaitu ada pada peringkat pertama. Begitu juga untuk tingkat universitas perguruan tinggi swasta di Kalimantan, UMP menempati Urutan Pertama juga.

Menurutnya, keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh sivitas UMP, karena memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan kualitas atau mutu pelayanan dan selalu berusaha untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan.

“Keberhasilan ini Kami Persembakan untuk masyarakat Kalimantan Tengah. Mau kuliah, ya di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Unggul dan Berkarakter’ sudah terbukti, tandas Wakil Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Tengah itu.

Sementara itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XI Kalimantan Prof Udiansyah, mengatakan, dengan Akreditasi A (unggul) S2 prodi Administrasi Publik merupakan salah satu bukti bahwa PTS di Kalimantan mampu meningkatkan mutu dan memjadi PTS unggul, mensejajarkan diri dengan PTS di daerah lainnya telah maju. Hal itu telah dibuktikan oleh UMP yang berhasil mendapatkan akreditasi A untuk kedua kalinya.

“Ayo kita maju bersama untuk menyediakan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat. Kita pasti bias,”ajak Udiansyah saat dihubungi via telepon.

Dia menambahkan, pihaknya juga menyampaikan rasa syukur dan bangga atas capaian tersebut. Selamat untuk sivitas akademika UMP yang telah meraih peringkat akreditasi A untuk Prodi S2 Administrasi Publik,”ucapnya. (ujang/ery-SB).

Check Also

Paslon Gubernur Dan Wakil Gubernur Kalteng Ben-Ujang Ziarah Ke Makam Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Ir. Ben …