BPBD Lakukan Persiapan Cegah Karhutla di Kapuas

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Menghadapi musim kemarau sekarang ini, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui leading sektornya yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas terus melakukan upaya persiapan dalam rangka pencegahan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kapuas.

Diterangkan oleh Kepala BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga saat ditemui di Kantor BPBD Kapuas Jalan Kasturi, Rabu (26/8/2020) bahwa BPBD Kabupaten Kapuas selalu siap dalam upaya melakukan pencegahan terhadap potensi Karhutla di Kabupaten Kapuas, salah satunya dengan memetakan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi Karhutla yang mana tiga kecamatan menjadi wilayah potensi rawan karhutla yaitu Kecamatan Mantangai, Kecamatan Kapuas Murung dan Kecamatan Dadahup.

Untuk itulah, ia menjelaskan pemantauan terus dilakukan dengan cara memantau titik panas atau hotspot yang diterima dari satelit. Hasil yang diketahui dalam kurun waktu beberapa hari ini tingkat titik panas atau hotspot yang diterima tim termasuk dalam kategori lumayan tinggi. Oleh itu, setiap hotspot tersebut selalu disikapi dengan dilakukannya pengecekan kelapangan.

Menunjang hal tersebut, Panahatan Sinaga mengatakan bahwa BPBD Kabupaten Kapuas telah menyiapkan alat armada meliputi mobil tangki, tosa dan mobil slip on yang mana semua itu dilengkapi dengan alat pemadam langsung.

Lebih lanjut, ia mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas agar dapat mencermati, mewaspadai, menyiapkan diri dan menjaga daerahnya masing-masing dikarenakan kondisi sekarang masih menghadapi musim kemarau dan nantinya juga akan menghadapi cuaca ekstrim yang diperkirakan terjadi pada bulan Desember.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas yang berada dititik rawan kebakaran hutan dan lahan supaya selalu waspada dan jangan sampai membakar atau yang bisa menimbulkan kebakaran besar seperti membakar sampah dan sebagainya,”jelas Panahatan Sinaga.

Kemudian, ia menjelaskan bahwa untuk pencegahan awal BPBD Kapuas juga sudah menyampaikan himbauan-himbauan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas melalui seluruh Camat, Kepala Desa dan Perusahaan Besar Swasta (PBS) melalui surat Bupati Kapuas. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Drainase Tanjakan Semboja Kedepannya Akan Diperlebarkan

SANGGAU, SB – Perbaikan drainase tanjakan Semboja di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, …