Peresmian Kantor Desa Sungai Lawak, Bupati Sampaikan Pembangunan Kantor Desa Secara Swakelola

SEKADAU, suaraborneo.com – Bupati Sekadau, Rupinus, resmikan kantor desa Sungai Lawak, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Kamis (27/8/2020).

Bupati Sekadau, Rupinus, menjelaskan sejak tahun 2018, pembangunan kantor desa tidak lagi menggunakan sistem lelang, tetapi sudah dilakukan secara swakelola.

“Kantor desa dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat setempat. Material dari setempat, dikerjakan masyarakat setempat, masyarakat dapat kerja, dapat uang dan belanja di desa setempat, haid ekonomi berputar,” jelas Bupati Sekadau, Ripinus.

Bupati Rupinus memaparkan untuk di Kabupaten Sekadau pembangunan kantor desa memang menjadi prioritas, satu diantara untuk mendukung tercapainya desa mandiri. Hingga saat ini di Kabupaten Sekadau terdapat, 12 desa mandiri, 11 desa maju, 43 desa berkembang, 21 desa tertinggal, dan tidak tertinggal 2 desa.

Kades Sungai Lawak Yohanes, mengatakan kantor desa Sungai Lawak dibangun dengan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Sekadau, dengan pagu Rp. 200 JT pada tahun 2019 dan ditambah dengan anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2020 tahap 1 dengan pagu Rp. 58,080.000.00.

“Kami banyak mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sekadau, Dinas PMD dan Kecamatan Nanga Taman atas bimbingan dalam pembangunan kantor Desa ini,” kata Yohanes.

Dalam kesempatan itu, Kades Sungai Lawak juga menuturkan untuk tahun 2020, Desa Sungai Lawak juga mendapatkan bantuan Dinas Perkimtan Kabupaten Sekadau sebanyak 33 KK, dan peningkatan air bersih dari Dinas PUPR Sekadau.

Pada peresmian itu, Bupati Sekadau turut didampingi Plt Kadinkes Sekadau, Henry Alpius, Kadisporapar Kabupaten Sekadau, Paulus Misi, Ketua DPDR Kabupaten Sekadau, Radius Efendy dan anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Paulus Subarno, Camat Nanga Taman, Paulus Ugang, Forkompimka Nanga Taman, Kades Sungai Lawak, Yohanes beserta perangkat desa dan BPD. (ps)

Check Also

Bupati Sanggau dijadwalkan Buka Musyawarah Besar III PDKS

SANGGAU, SB – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, dijadwalkan membuka secara resmi Musyawarah Besar (Mubes) III …