UMP Palangka Raya Beri Kelonggaran Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Pandemi Carona yang teterancam ah melanda Indonesia membuat sejumlah berbagai aktivitas harus dilakukan secara daring.

Hal yang sama juga dilakukan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP). Rektor UMP, H DR Soenadi kepada awak media Sabtu (29/8/2020) mengatakan, pihaknya tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk melaksanakan kegiatan perkuliahan secara daring.

Memang diakui Sonedi, mnanta Pembantu Rektor (PR) I dan III UMP ini ditemukan beberapa kendala dihadapi misalnya saja terbatasnya akses untuk belajar daring. “Misalnya fasilitas internet yang belum memadai, dan masih ada beberapa mahasiswa yang tidak memiliki handphone (HP) berbasis android,”katanya.

Untuk itu, sambung Sonedi, lusan Universitas Negeri Malang tahun 2011 itu, pihaknya memberikan sejumlah solusi seperti meminta kepada dosen untuk tidak hanya melakukan proses perkuliahan dengan cara daring lewat aplikasi Zoom meeting.

“Cara lain seperti dengan merekam materi kemudian dishare ke para mahasiswa,” terang Soenadi.

Kemudian, untuk menggunakan aplikasi zoom meeting memang membuthkan biaya yang cukup besar. Karena aplikasi tersebut, kata Soenadi menggunakan kouta internet yang cukup tinggi.

“Sementara kita tahu dalam kondisi saat ini ekonomi lagi sulit karena pandemi covid-19. Sehingga kampus juga harus memahami kondisi mahasiwa,” terangnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini proses perkuliahan secara daring tergolong lancar. Meskipun demikian, dia tetap beraharap kepada pemerintah untuk memberikan dukungan kepada masyarakat agar bisa belajar daring dengan baik.

“Tentunya dengan memberikan fasilitas internet hingga ke pelosok. Karena sebagian juga mahasiswa dan pelajar ada di pelosok. Minimal kalau ada Wifi gratis, membantu mahasiswa atau pelajar untuk belajar daring,”tutur Sonedi, yang kini juga sebagai Wakil Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng. (ujang/ery-SB).

Check Also

Capain Kinerja dan Layanan Terbaik, Bank Kalsel Raih Infobank Award

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Setelah sebelumnya diganjar predikat PK-2 sebagai Bank Sehat oleh OJK atas kinerja …