Anjono Bhakti : Sukseskan Food Estate, Kuncinya Sinergitas Dan Gotong Royong

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk turut serta dalam mensukseskan pelaksanaan pencetakan sawah baru untuk pengembangan Food Estate.

Sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa Korporasi Petani akan menjadi basis pengembangan kawasan lumbung pangan nasional (food estate), salah satunya dengan mengoptimalkan peran Kelompok Tani (Poktan) didampingi penyuluh pertanian.

Oleh karena itu, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan alat mesin pertanian yang dikelola oleh operator kelompok tani setempat, yang acaranya dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Ir. Anjono Bhakti, Jum’at (28/8/2020) pagi di Aula Kantor Dinas Pertanian, Jalan Pemuda, KM 4,5, Kuala Kapuas.

Dalam kesempatan itu, Anjono Bhakti mengatakan, pendidikan dan pelatihan operator alat mesin pertanian yang disiapkan oleh penyedia yang ada bertujuan untuk mensukseskan program Food Estate, yang mana Kabupaten Kapuas mendapatkan lokasi atau lahan sekitar 20 ribu Hektar.

“Pada kesempatan inilah akan dididik operator untuk mengelola lahan karena mengingat sekarang sudah musim panen. Untuk itu kita harapkan adalah sinergitas, kebersamaan dan gotong royong dari semua pihak, tanpa itu semua kita tidak bisa bergerak untuk melakukannya,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya menerangkan bahwa untuk melaksanakan semuanya pihak yang terlibat mengejar musim dan waktu dalam pengolahannya, jadi pertanian ini harus dikejar dengan memperhitungkan baik dari segi sarana, benih dan pupuk buatannya harus semua tersedia. “Tanah tersebut harus diolah, setelah mereka panen kemudian harus mengolah tanahnya lagi dan pengolahan ini yang akan dibantu oleh pihak TNI,”jelas Anjono.

Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pertanian yang telah memberikan alat pertanian dan mendidi para operator kelompok tani dalam rangka menyukseskan Program Food Estate, yang mana dikomandani oleh Menteri Pertahanan dan Kementerian Pertanian sebagai Leading Sektornya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Imadudin menjelaskan jumlah bantuan alat pertanian yang diberikan oleh Kementerian Pertanian dalam rangka mendukung kegiatan Food Estate yaitu Traktor Roda Empat sebanyak 147 Unit dan Traktor Roda Dua sebanyak 150 Unit.

“Hari ini diawali dengan pengenalan secara teori dan setelah itu langsung menuju lokasi untuk praktek langsung dilapangan, karena mengingat banyak yang panen dan setelah itu secepatnya dilaksanakan olah tanah yang nanti akan dibantu oleh 84 anggota TNI yang sudah siap berada di lokasi,”terangnya. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

DPRD Sekadau Gelar Sidang Paripurna ke-5 Masa Sidang ke-3

SEKADAU, suaraborneo.com – Setelah memenuhi qorum dan berdasarkan tata tertib persidangan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah …