Dispubpora Dan KNPI Kibarkan Bendera Merah Putih di Kerajaan Nyai Undang

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpora) Kabupaten Kapuas bersama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kapuas, Damang dan Duta Pariwisata Kabupaten Kapuas mengunjungi Situs Kerajaan Nyai Undang yang ada di Kelurahan Pulau Kupang Kecamatan Bataguh, Minggu (30/8/2020) pagi.

Kagiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Budpora Kabupaten Kapuas H Suparman yang diwakili oleh Kepala Seksi Kepariwisataan Disbudpora Kabupaten Kapuas Erliansyah Narpan Apoi didampingi Damang Kecamatan Bataguh, Selat dan Kapuas Hilir, perwakilan KNPI dan Putera/Puteri Jagau Linga Bawi Kameloh Duta Pariwisata Kabupaten Kapuas.

“Kunjungan ini nantinya akan ada prosesi mengampuh kain kuning atau bendera kuning kemudian dilanjutkan dengan menaikan bendera Pusaka Merah Putih sembari menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya,”ungkap Erliansyah.

Damang Kecamatan Bataguh Darmandi mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Disbudpora, KNPI, Damang Selat dan Kapuas Hilir serta Jagau Linga Bawi Kameloh Pariwisata Kabupaten Kapuas. “Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari saudara -saudara sekalian saya juga merasa senang dan bersyukur bisa menemani kawan- kawan kesini, serta selamat datang di situs Kerajaan Nyai Undang yang berada di Bataguh ini,”katanya.

Kemudian, para Damang yang hadir berharap kepada para generasi muda penerus Kabupaten Kapuas bisa melestarikan Budaya yang ditinggalkan oleh leluhur dari Suku Dayak Ngaju yakni Nyai Undang.

“Harapan kita semua sebagai Damang Adat tentu kepada para generasi muda seperti Putera/Puteri Jagau Linga Bawi Kameloh Pariwisata ini adalah untuk bisa menjaga kebudayaan dan sejarah yang ditinggalkan oleh leluhur Suku Dayak Ngaju,” pungkasnya.(hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Film Kreasi Anak Benua Dapat Tanggapan Positif Masyarakat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Walaupun sedang dalam masa pandemi Covid-19, tidak menghalangi kaum milenial dalam …