Masa Pandemi Covid-19, DPMPTSP Kapuas Tetap Buka Pelayanan

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kapuas tetap buka selama pandemi Virus Corona (Covid-19) ucap Sekretaris DPMPTSP, Gerek, S.Hut, MP saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (01/9/2020) pagi.

Meski demikian, DPMPTSP Kabupaten Kapuas tetap mengantisipasi pencegahan dan penyebaran Covid-19, dengan menyiapkan tempat cuci tangan bagi warga sebelum mengurus izin. Termasuk mewajibkan pemohon untuk memakai masker dan menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan.

“Untuk pelayanan perizinan mulai dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB), perizinan kesehatan, praktek perawatan, praktek dokter, izin reklame, izin berusaha, dan lainnya tetap berjalan seperti biasanya” ucap Gerek.

Dalam wawancara tersebut, Gerek juga menyampaikan bahwa angka kunjungan untuk kepengurusan perijinan signifikan berkurang, di karenakan kondisi pandemi Covid-19 mempengaruhi semua aspek baik aspek sosial, maupun aspek bidang eknonomi. Tentu ini berimbas kepada orang-orang yang melakukan kepengurusan perijinan yang biasanya dalam satu hari DPMPTSP melayani 20 sampai dengan 40 orang, namun selama masa pandemi 1 sampai 10 orang saja ,serta terkadang ada hari-hari yang tidak ada kunjungan sama sekali.

Ditambahkan Gerek untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama masa pandemi masih dalam batas standart dan belum ada penurunan, yang mengalami penurunan hanya dalam hal jumlah masyarakat yang mengurus perijinan.

“Kendati demikian DPMPTSP Kabupaten Kapuas tetap memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,” pungkas Gerek. (hmskmf/ujang/ery-SB).

Check Also

Bermasalah, 240 WNI di Deportasi Dari Malaysia Lewat PLBN Entikong Dalam Kondisi Sehat

SANGGAU, SB – Ditengah pandemi Covid-19 saat ini Pemerintah Negara Malaysia kembali memulangkan Warga Negara …