PDAM Bengkayang Ukir Prestasi Raih Juara Kategori Bintang Top Award BUMD Tahun 2020

BENGKAYANG, SB – Direktur PDAM Kabupaten Bengkayang, Wardi dan dihadiri oleh manajemen PDAM menyerahkan piaya dan Penghargaan Top award BUMD 2020 kepada Plh Bupati Bengkayang, Obaja selaku Top Pembina BUMD di Kabupaten Bengkayang. Penerimaan penghargaan Top BUMD Award BUMD 2020, PDAM Bengkayang sukses dalam proses seleksi dengan penghargaan juara kategori bintang 3 Top BUMD 2020 star#3.

Plh. Bupati Bengkayang, Obaja menyatakan, penghargaan yang diperoleh Bupati sebagai top pembina BUMD merupakan prestasi yang diperoleh bersama rakyat. Obaja pun berterima kasih kepada segenap manajemen PDAM yang telah bekerjasama sehingga prestasi itu tercapai. Terpenting kata ia, adalah kedepan bagaimana PDAM lebih baik lagi, dan tercapai target-target yang di rencanakan, sehingga kedepan juga dapat memenuhi kecukupan air pada masyarakat.

“Karena air merupakan kebutuhan harkat martabat manusia. Terima kasih banyak ada dukungan, baik manajemen PDAM sendiri, masyarakat pelanggan dan media massa. Karena suatu pencapaian tanpa dukungan dari berbagai pihak juga tidak berbuah apa-apa. Media massa hadir untuk memberikan kritik dan saran, sehingga itu perlu untuk perbaikan kinerja pemerintah. Peren media massa sangat penting, dan ini juga hasil dari media itu sendiri,” ungkap Obaja, usai serah terima piala dan penghargaan bersama direktur PDAM Bengkayang, Selasa (1/9).

Lanjut Obaja, kedepan pemerintah daerah kan terus mendukung program PDAM Bengkayang. Ada dua langkah dan dukungan yang Pemda berikan, pertama Pemda akan menyarahkan beberapa aset spom kepada PDAM untuk dikelola. Kedua, perencanaan penyedia air bersih, seperti Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM) dan rancangan lainnya.

“Tempat-tempat yang sudah kita bangun akan diserahkan kepada PDAM untuk dikelola. Selanjutnya akan rancangan yang memperkuat posisi kita, seperti Rancana Rispam,” ungkap Obaja.

Direktur PDAM Bengkayang, Wardi merasa bangga atas prestasi yang diraih PDAM sebagai BUMD di Bengkayang. Terlebih kata dia, penilaian yang dilakukan oleh lembaga yang kredibel dan mihat kinerja PDAM. “Dari hasil penilaian kita juga sehat, dan kita juga ikut berbagi tahap seleksi dan persyaratan, dan saat ini kita berhasil raih Top Award BUMD bintang 3. Bintang tiga nitu kriterianya yang bernilai baik dan cukup,” ungkap Wardi.

Untuk kedepannya, Wardi tetap berkomitmen untuk membawa PDAM menjadi lebih baik, cakupan pelayanan buat, dan kualitas air juga baik.

“Target kita tahun ini 12ribu pelanggan. Kemarin kita sudah survei di sungai Betung dan Samalantan kalau kedua ini sudah diserahkan kepada PDAM otomatis bertambah menjadi 10ribu pelanggan. Kemudian kalau spam yang lain juga ikut diserahkan Pemda, tercapailah target 12eibu tahun ini,” ucapnya.

Sementara itu, target lima tahun PDAM kedepannya mencapai 30ribu pelanggan. Untuk mencapai hal tersebut tentu beberapa langkah yang harus kita lakukan.

“Kita tidak asal memberi data, beberapa waktu lalu kita sudah rapat dengan balai pemukiman prasarana wilayah Kalimantan Barat, kita sudah memaparkan beberapa pontensi Riam yang ada di Bengkayang mulai di Sanggau Ledo dan juga wilayah pesisir. Kita tidak asal menetapkan target,” tambahnya.

Wardi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut campur tangan demi kemajuan PDAM Bengkayang, hingga terbukti hari ini. Wardi berharap, agar pemerintah segara menerbitkan Perda penyertaan modal, ini adalah bentuk komitmen daerah kepada PDAM. Kedua merubah badan hukum dari PDAM menjadi Perusahaan Umum Daerah (perumda), ketiga adalah Rispam, serta keempat adalah penyerahan aset.
“Indikator-indikator inilah yang diperlukan PDAM untuk lebih maju. Kita minta dukungan semuanya untuk kemajuan PDAM kedepan,” tutup Wardi. (Sr)

Check Also

Wabup HSS Jadi Narasumber di STAI Darul Ulum Kandangan

KANDANGAN, SuaraBorneo.com – Bertempat di Aula STAI Darul Ulum Kandangan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan …