Rektor IAIN : Kuliah Online Tetap Dilaksanakan Hingga Akhir Tahun

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya tetap melaksanakan perkuliahan secara dalam jaringan (daring) atau online hingga akhir tahun 2020 ini.

Rektor IAIN Palangka Raya Dr H Khairil Anwar MAg kepada wartawan, Senin (31/8/2020), mengatakan, langkah ini dilaksanakan mengingat masih berlangsungnya pandemi Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dijelaskan Khairil, proses perkuliahan daring ini telah dilakukan sejak Maret 2020 lalu, sejak muncul temuan kasus positif Covid-19. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan empat kementerian.

“Seluruh perkuliahan dilakukan secara daring, dari rumah masing-masing. Kecuali praktikum yang tidak memungkinkan dilaksanakan di rumah. Mereka belajar di kampus dengan kewajiban menerapkan protokol kesehatan,”sebut Rektor.

Selain praktikum, aktivitas akademik lain yang juga dilaksanakan secara langsung adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kini sedang berlangsung.

Namun, berbeda dengan KKN pada masa sebelumnya, saat ini KKN difokuskan di lingkungan kampus dengan kegiatan berupa pembenahan sejumlah fasilitas yang telah ditentukan.

Pelaksanaan KKN itu pun juga dilaksanakan sesuai protokol kesehatan untuk mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng yang juga Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Darussalam Palangka Raya ini melanjutkan, selain bagi seluruh mahasiswa, aturan ini juga diberlakukan kepada para tenaga pendidik maupun pegawai umum IAIN Palangka Raya, atau disebut Work From Home (WFH).

“Para dosen mengajar dari rumah sesuai dengan Sistem Informasi Akademik (Simak) Online. Mereka telah belajar dan melatih diri dengan pemahaman cara mengajar ini,”tandas mantan aktivis HMI asal Martapura Kota Serambi Mekah itu. (ujang/ery-SB).

Check Also

Operasi Gakkum Perbup 47 Dimulai, Bupati Sanggau: Lakukan dengan Santun Tapi Tegas

SANGGAU, SB – Komite Penanganan Covid19 Kabupaten Sanggau menggelar apel gelar Operasi Penegakan Hukum (Gakkum) …