Danrem 121/Abw Amankan Lahan Eks Bandara Susilo Sintang

SINTANG, SB – Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, meninjau exs Bandara Susilo Sintang yang merupakan sebagian tanah Angkatan Darat, Rabu, 2/9/2020.

Bandara Susilo Sintang saat ini tidak digunakan lagi dan sudah berpindah ke bandara baru di Sei Tebelian. Tanah Eks (bekas) bandara tersebut sebagian merupakan aset milik TNI Angkatan Darat, Dalam sejarahnya merupakan peninggalan KNIL yaitu seluas 294,09 ha.

Menurut Dandenzibang Mayor Czi Sutrisno, Tanah eks bandara Susilo sebagian tanah ini sudah dikuasai oleh masyarakat yaitu 229,065 ha, yang sudah di sertifikat atas nama TNI AD 13,805 ha dan puldata untuk proses sertifikat 51,22 ha. Saya selalu koordinasi dengan BPN Sintang untuk mendata dan mengecek serta dalam mengurus sertifikat tanah milik TNI AD ini, sehingga akan lebih jelas kepemilikannya, yang sudah bersertifikat kita beri plang dan patok pembatas, dan yang dalam proses sertifikat kita kawal biar cepat selesai,” jelasnya.

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, mengatakan, kita harus amankan aset milik TNI AD eks bandara Susilo ini, kita infentarisir baik yang sudah bersertifikat maupun yang dalam proses pengurusannya. Saya perintahkan kepada Dandenzibang agar dibuatkan patok pembatas dan plang sehingga jelas tanah milik TNI AD. Dan selalu koordinasi dalam proses sertifikat dengan pihak BPN kab. Sintang. Koordinasi untuk aset- aset lain yang belum ketemu,” jelasnya.

Kita pasang gambar peta diatas tanah TNI AD yang sudah bersertifikat, biar masyarakat mengetahui tanah ini milik TNI AD” pungkasnya (Bry)

Check Also

Wabup Sambut Kunjungan Bupati Tapin

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor sambut kunjungan Bupati Tapin …