Polres Bengkayang Simulasi Sispam Kota Kesiapan Pengamanan Pilkada 2020

BENGKAYANG, SB – Kesiapan dalam pengamanan Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang terus dilakukan Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar. Salah satu diantaranya dengan menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), Rabu (02/08/20) di Halaman Mako Polres Bengkayang.

Pada simulasi kali ini di peragakan oleh personel Polres Bengkayang tahapan-tahapan dalam pelaksanaan Pilkada Kab. Bengkayang mulai dari pendistribusian logistik, pencoblosan hingga penanganan aksi unras di Kantor KPU Bengkayang.

Kapolres Bengkayang AKBP NB. Darma mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka kesiapan untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka Pilkada khususnya di Kabupaten Bengkayang.

“Ini sebagai bentuk kesiapan kami dalam rangka mempersiapkan secara internal dalam konteks mempersiapkan diri sedemikian rupa baik dalam ranah piranti lunak dalam memahami undang-undang dan petunjuk teknik operasional sesuai eskalasi dan situasi ancaman, kami melakukan upaya-upaya dan tindakan kepolisian”, ucap Kapolres Bengkayang.

Kapolres Bengkayang juga mengatakan bahwa setiap tahapan pemilu ini penting khususnya anggota Polri karena setiap tahapan akan muncul kerawanan

“Kita sudah melihat tahapan dari proses tahapan inti mulai dari distribusi logistik yang semuanya memiliki kerawanan yang nantinya hingga situasi akhir timbul situasi keos”, tambahnya.

“Kita berharap situasi yang terakhir tadi tidak terjadi , kita tidak underestimate terhadap situasi tahapan pilkada ini sehingga kita memahami apa berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa dalam konteks pengamanan nanti di lapangan”, tambahnya.

“Ini sangat baik dan menjadi bekal kita apa yang kita persiapkan ini menjadi pemahaman agar kita bertindak tidak mengalami kebingungan dan kita berharap dan berdoa persiapan yang kita lakukan dapat berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa dengan diberikan kekuatan dan keselamatan”, tutup Kapolres Bengkayang.

Simulasi Sispamkota dihadiri oleh Plh. Bupati Bengkayang, Obaja, S.E, M.Si, Ketua DPRD Kab. Bengkayang, Fransiskus, M.Pd, Dandim 1202 Singkawang, Letkol Inf. Condro Edi. W, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang, Fachrizal, S.H., Danlanud Harry Hadisoemantri, diwakili oleh KadisOps Mayor Lek. Dini Kustono, Danramil Bengkayang, Kapten Inf. Aswani Kunto, KPU Kab. Bengkayang, diwakili oleh Sdr. Hendrikus, S.E., Bawaslu Kab. Bengkayang, Sdr. Yosef Harry. S, S.E., Panwaslu Kab. Bengkayang dan Camat Bengkayang, diwakili oleh Sekcam. (Rb)

Check Also

Film Kreasi Anak Benua Dapat Tanggapan Positif Masyarakat

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Walaupun sedang dalam masa pandemi Covid-19, tidak menghalangi kaum milenial dalam …